Friday, 30 September 2016

AC Untuk Rumah Nenek

Raheesa anak perempuan gue yang masih kecil seneng banget kalo di kasih tau mau ke rumah neneknya di Bangka. Dia sangat antusias karena perjalanannya bakal naik pesawat dan itu sangat menyenangkan baginya. Bulan depan Adik sepupu gue mau nikahan jadi gue dan suami kasih tau ke Raheesa kalau bulan depan itu kita sekeluarga mau naik pesawat lagi ke rumah Nenek. Tadinya gue pikir Raheesa bakal senang banget. Tapi ternyata jawabannya di luar dugaan gue.

"Nggak mau ah, rumah Nenek kan panas bund, nggak ada AC nya".

Gue dan suami sampai bengong mendengar jawaban Raheesa kali ini. Nggak seperti biasanya dia selalu riang gembira kalau tau kita sekeluarga mau pulang ke kampung Neneknya.

Gue jadi inget pulang mudik lebaran kemarin Raheesa jadi susah tidur dan rewel banget karena cuaca panas. Apalagi Pulau Bangka kan daerah pesisir dekat dengan pantai, jadi kalau siang itu matahari nya serasa ada dua. Kebetulan rumah mamah gue nggak pake AC. Karena kebiasaan di rumah kalau siang jendela dibiarkan terbuka semua dan angin bisa leluasa masuk ke dalam rumah. Nah, si Raheesa kelihatannya nggak bisa tahan kalo nggak pake AC, soalnya dari kecil udah dibiasakan di ruangan ber-AC. Tau sendiri kan   Jakarta kalau lagi musim kemarau panasnya gimana, kalo nggak pake AC serasa berada di sauna.

Beberapa hari yang lalu gue mendiskusikan masalah ini sama suami, dan kebetulan dari sejak lama ternyata suami gue berencana beliin mamah AC biar nanti kalau musim kemarau datang rumah mamah bisa sejuk udaranya. Jadilah gue dan suami mulai browsing daftar harga AC portable murah yang kira-kira bagus spesifikasinya dan tentunya ramah di kantong.

Gue dan suami udah coba browsing di beberapa onlineshop dan situs jual beli untuk melihat kira-kira ada yang cocok apa enggak. Beli barang elektronik kan nggak kayak beli pakaian musti teliti dan pintar-pintar membaca spesifikasinya agar sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Agak pusing juga sih memilih dan mutusin yang mana yang mau dibeli, semua daftar harga AC portable yang tercantum di sana rasa-rasanya belum pas dengan kantong kita.

Akhirnya gue inget Adik sepupu beberapa bulan yang lalu baru aja ganti AC baru di rumah kontrakannya. Gue dapet informasi kalau dia beli AC nya di MatahariMall.com. Gue langsung ceki-ceki deh daftar harga AC portable murah yang ada di MatahariMall.com. Ternyata banyak banget pilihannya, disitu gue bisa lihat berbagai merek AC, spesifikasinya dan berapa PK yang cocok untuk ruangan di rumah Mamah. 






Kalau jadi beli AC buat rumah Mamah, mungkin diperuntukkan untuk kamar utama aja karena ruangan yang lain sepertinya nggak perlu di pasang AC. Dengan luas kamar yang nggak terlalu besar gue masih bingung nentuin mau beli AC yang 1/2 PK atau 1 PK. Sempat berdebat sih sama suami, gue pengen beli yang 1/2 PK karena ruangan kamar utama di rumah mamah nggak terlalu besar. Tapi menurut suami beli yang 1 PK juga nggak masalah, takutnya nanggung kalo beli yang 1/2 PK toh harganya juga nggak jauh-jauh beda.




Listrik di rumah Mamah cuma 1200 watt, jadi gue harus pinter-pinter cari AC yang nggak besar daya listriknya jadi kalau dipake berbarengan dengan barang elektronik lain nggak bikin jeprett listriknya. Menurut suami kalo begitu gue harus cari AC tipe inverter yang mengunakan  kompressor inverter teknologi terbaru, jadi lebih hemat energi listrik dan bayar listriknya juga nggak mahal.





Kalau lagi musim hujan, tembok kamar di rumah Mamah itu suka lembab banget karena tempias air hujan. Gue sempat khawatir sih takutnya muncul jamur-jamur dan bau nggak enak gitu. Apalagi kalau musim panas, di Bangka itu suhunya bisa mencapai 34-35 derajat celcius, pokoknya panasnya tuh menyengat banget. Jadi gue pengen cari AC yang ramah lingkungan yang memiliki kemampuan memburu partikel berbahaya seperti virus, jamur dan bau nggak sedap. Selain itu gue pengen cari AC yang dinginnya cepat dan merata ke seluruh ruangan.




Setelah buka MatahariMall.com akhirnya gue dan suami  memutuskan untuk membeli salah satu AC yang spesifikasinya komplit seperti apa yang kita pengen. Sempet bingung juga sih mau beli AC yang mana untuk rumah mamah, apalagi gue dan suami kan suka berdebat kalau mau memutuskan sesuatu. Tapi kali ini biar gue yang ngalah deh, soalnya yang mau bayarin kan pak suami heheeh. Syukur Alhamdulillah akhirnya kita ketemu dengan daftar harga AC portable murah yang cocok dengan kantong kita, yang terpenting sih bisa di cicil apalagi bunga cicilannya cuma 0%. Mumpung lagi diskon nih, yang mau beli AC baru langsung klik aja MatahariMall.com. Kayaknya gue bakalan ngerayu suami juga nih biar AC dirumah di ganti AC yang baru heheheh.....


4 comments:

  1. wahhh matahari mall emang toko online yang menyediakan barang2 yang berkualitas....

    ReplyDelete
  2. Ga takutlah ya kalau belanja di MatahariMall, sekecil dan segede apapun packingnya juga mendukung :)

    ReplyDelete