Friday, 7 August 2015

Mantan

Barusan lihat iklan baru sebuah provider kartu seluler, kayaknya iklan ini baru tayang hari ini deh dan langsung jadi trending topic. Keseluruhan iklannya bagus sih menurut gue, kreatif gitu apalagi  dibuatnya kayak MV gitu. Tadinya gue pikir trailer film, eh gak taunya iklan. Tapi pesan yang tertulis di akhir iklan itu yang agak-agak bikin gue melotot.

"Dengan bicara ubah mantan menjadi shoulmate"

What??

Hellow..... are you kidding us?

Merubah jadi apa?

Shoulmate?

Mantan yang kayak gimana dulu neh?

Mantan yang ninggalin loe ketika dia udah sukses?

Atau

Mantan yang ninggalin loe untuk nikah sama orang lain?

Wait..., gue gagal paham dengan pesan iklan ini.

Seinget gue, gue cuma punya beberapa orang mantan, dalam deretan nama mantan-mantan gue gak ada yang layak dijadikan shoulmate.
Jangan tanya mengapa? Karena itu merupakan hal-hal yang sangat impossible banget buat gue.


Tapi kalo mantan yang ini bolehkan gue jadiin manten.

Gue adalah orang yang mungkin nggak pernah bisa punya hubungan baik dengan para mantan. Entah kenapa menurut gue begitu hubungan berakhir semuanya emang udah harus berhenti sampai disitu karena gue orang yang gak suka basa basi. Apalagi yang setelah putus pacaran malah legowo mau diajak jadi kakak adik ahhh .... bulshit lah itu.

Namun ada satu nama yang selalu gue pinta ke Tuhan, dalam kondisi apapun dan dimanapun jangan pernah pertemukan lagi gue dengan orang ini. Biarlah dia menjadi butiran debu yang terbang tertiup angin (mulai hiperbola).

Jadi ceritanya ketika gue pulang ke bangka dan menginjakkan kaki lagi di kota ini gue masih aja terganggu dengan pikiran gue yang membawa gue flashback ke masa lalu. Apalagi kalo lagi berada di suatu tempat yang ada kenangannya disitu.

Sebel sih sebenernya!

Seperti kejadian beberapa waktu yang lalu di jalan yang sama, serasa menghirup udara yang sama seperti 6 tahun yang lalu, mengingatkan gue tentang seseorang yang pernah bikin hati gue patah krekk... krekk... jatoh keinjek-injek, pecah dan meninggalkan lobang besar yang dalam.

Siapa dia?

Mantan

Orang yang mungkin tercipta memang untuk menciptakan lubang yang besar di hati gue.  Ecieee.... dalem banget yak!

Iyain aja -

Jadilah ceritanya kemarin tanpa sengaja gue ngelewatin sebuah tempat, seperti adegan-adegan didalam drama korea tiba-tiba ingatan gue kembali  ke masa-masa itu disebuah jalanan komplek dekat sebuah lapangan bola jalanan yang basah dengan sedikit sisa-sisa hujan, dingin dan kebekuan antara gue dan dia semakin kentara saat itu. Tanah tempat gue berpijak masih terasa bergetar saat tiba-tiba sebuah kalimat terlontar dari mulutnya

"Kita putus aja"

Lalu kemudian hening ...

"Aku bosan hidup susah"

Hening lagi beberapa saat

Udara malam itu menampar gue berkali-kali dari tempat gue berdiri. Semua kalimat pertanyaan
Apa?

Kenapa?

Bagaimana?

Seolah-olah tercekat di tenggorokan, tiba-tiba gue merasa kehilangan oksigen untuk bernafas seakan-akan berada dalam ruang kosong yang teramat gelap, sedangkan wajahnya terus menerus menggantung di kelopak mata gue, lalu dengan bibir bergetar gue hanya mampu berkata lirih.

"Pergilah....!"
.
$#@%^&**(()₩;&^/$:&! ( memaki dalam hati )

Hanya sepatah kata itu yang mampu terucap, sedangkan kalimat makian nyangkut ditenggorokan gue.

Dengan bahasanya yang seolah tanpa beban, tanpa rasa bersalah ia terus bergumam dengan kalimat yang sulit gue mengerti maknanya.

Lalu sebuah kalimat terdengar dan langsung menohok ke jantung gue yang hingga kini masih gue ingat setiap pulang ke kota ini.

"Berharap semua akan baik-baik saja. Kamu pasti akan menjadi seorang yang hebat dan aku berharap menjadi seorang abdi negara yang sukses. Pada akhirnya kita akan menjalani kehidupan kita masing-masing, tentunya dengan kenangan indah yang akan selalu menghiasi langkah kita ke depan. Terima kasih sudah menjadi cinta pertamaku. You are the best!"

Entah itu sepenggal alibi atau hanya kalimat penghibur gue masih gagal paham, namun belakangan gue baru mengerti itu adalah doa.

karena setidaknya gue berhasil jadi orang hebat seperti katanya.


Pangkalpinang (sekian waktu yang lampau).


13 comments:

  1. hehehe....mantan itu dimasukin kotak besi dikunci kuncinya buang kelaut bersama kotak besinya sekalian ya Tary....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh.... biar dimakan hiu ya mbak

      Sadissss....

      Delete
  2. Paling ga, doanya dijawab ya mba ^^
    Bisa buktiin jadi orang sukses dan tanpa dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.... padahak dulunya gk tau dia ikhlas apa nggak ngedoain nya

      Delete
  3. Duh, gak punya mantan nih Taaar, jadi gak ngerti juga sih hehehe...

    Emang ada iklan kayak gitu yah?
    Aku kok gak ngeh sih?
    Coba ntar browsing dulu ah...

    ReplyDelete
  4. Iklan apaan tuh mak? Duh akika kan gak pernah nonton tipi. Jadinya gak gaul. Xixixixi..

    Btw mantan jadi soulmate? Hmmmmm. Sudah kuduga tak akan bisa. Dan sudah pasti gak akan mungkin. *lalu bernostalgila sendiri* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.... enaknya mantan jadiin bosyguard aja kali yah...

      Delete
  5. Wao...dalem mak nih :D Pesen gue : Jangan pake SIM Card dr provider entu mak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini malah gue setia bgt mak pake kartu peovider ini.

      Delete
  6. Kalo di film Korea, mantan lo itu mungkin lagi sakit keras dan divonis mati, makanya dia minta putus, Mak :D
    Ih gue kok nggak pernah deh ngeliat iklan itu. Tapi emang nggak nonton tipi, sih..
    Btw, mantan lo yang kemeja putih itu mantan gue juga, lho. Yaampun, ternyata dia cowok bekasan, ya.. *kemudian ditoyor Minah*

    ReplyDelete
  7. Hahah divonis mati, eh malah gk jadi mati. Atau mati trus hidup lagi kayak di sinetron indo ya mbak.

    Yg pake kemeja biarlah jadi mantan kita bersama lalu terserah minah mau diapain hehehe

    ReplyDelete
  8. iklan apaan mba?
    jadi penasaran saya sama iklannya :D

    ReplyDelete