Sunday, 3 January 2010

Penghujung 2009 di Pulau Belitung

Hufff... atu dua atu dua atu dua..... kayak orang lari estafet aku ngejer nulis postingan ini, gara-gara nunggu kiriman photo dari temenku, yang nggak kunjung-kunjung tiba, akhirnya postinganku telat, dengan pedenya meskipun kualitas photonya jelek tapi aku kekeuh untuk upload, jadilah postinganku dengan photo-photo seadanya yang aku upload dari ponselku.

Disini aku pengen cerita tentang perjalanan di penghujung tahun 2009 kemarin, dari perjalanan keluar kota yang dadakan, dapet temen baru yang gokilnya menakjubkan, kerja sambil wisata ala backpaker sampai harus menyaksikan hal-hal yang kasat mata dan banyak hal yang aku dapetin dari kejadian ini, terutama pentingnya arti kebersamaan.

Penghujung tahun 2009 dan awal tahun 2010 yang menyenangkan, aku inget 1 tahun lalu, akhir tahun 2008 aku harus kehilangan banyak hal, dan salah satunya harus kehilangan orang yang berarti banget.

Well, bukan ingin membahas lagi apa yang pernah diambil dari kehidupan ku, dan kali ini yang pengen aku share di blog ini adalah tentang semua yang aku dapatkan di tahun 2009 lalu, kaleidoskop 2009 yang merupakan tahun kebangkitan buat aku, setelah sempat terpuruk dan stress dengan rutinitas yang monoton, akhirnya aku, kembali menemukan semangat baru dan dunia baru buat aku, pekerjaan baru, teman baru, pengalaman baru dan impian baru yang awalnya tak pernah terlintas dalam benakku akan aku alamin.

Thank's To Allah, maha besar Allah atas segala karunia terbaik yang telah diberikan untukku juga untuk keluargaku tercinta dan sahabat-sahabat semuanya dengan dorongan dan asupan semangat yang tak pernah habisnya diberikan untukku.

Akhir tahun yang tadinya aku pikir nggak jauh-jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, ternyata perkiraanku salah, tanggal 27 desember 2009 akhir tahun aku mendapatkan kejutan dan berkesempatan dinas luar kota bareng rombongan temen-temen wartawan dari berbagai media, aku berkesempatan untuk meliput acara launching visit Babel archipelago 2010 di Belitung. meskipun 1 propinsi ini pengalaman pertama aku bertandang ke pulau pesisir itu, itung-itung kerja sambil wisata ala backpacker. selain itu pengalaman yang tak terlupakan, aku bisa mengenal banyak orang, mendapatkan teman baru yang gokil-gokil abis, meskipun kelakuannya minus tapi seru dan tetep kompak kalo lagi kerja. berjumpa dengan rekan-rekan sesama jurnalis dari berbagai media nasional. dan ini merupakan hal yang luar biasa banget buat aku.

Aku dan 7 orang temen wartawan yang semuanya cowok bertolak dari pelabuhan Pangkal Balam Pangkalpinang pukul 2 siang dan sampai di tanjung pandan sebelum maghrib, meskipun capek dan ujan gak reda-reda tapi tetep semangat setelah menginjakkan kaki di pulau belitung ini. sesampainya di belitung rombongan di jemput kendaraan dari Humas dan diantar ke wisma Bougenville

ini nih wisma nya,
yang terletak di pinggir pantai tanjung pendam Belitung. konon katanya wisma ini merupakan peninggalan kolonial belanda kemudian wisma ini di pakai untuk mess karyawan PT. Timah yang sekarang lagi dalam proses penghibahan ke pemerintah propinsi. wisma ini terkenal angker dan banyak penghuninya, memang kalau dilihat dari luar, bangunan ini memang terkesan misterius, dindingnya yang dingin dengan bentuk bangunan tua yang di depannya banyak di tumbuhi pohon-pohon beringin yang gedenya minta ampun, ditambah dengan pencahayaan yang kurang semakin menambah ada sesuatu yang misterius pada bangunan ini., menurut informasi di wisma itu juga terdapat terowongan bawah tanah yang langsung terhubung dengan pantai, tapi sampai sekarang katanya belum ada orang yang mau menyusuri terowongan tersebut. dalam wisma ini terdapat 15 kamar menurut pengalaman orang-orang yang pernah menginap dan cerita dari pengurus wisma, kamar yang berpenghuni yaitu kamar nomor 1, nomor 5, 9 dan kamar nomor 11. aku dikamar no. 6 sendiri, memang ada kejadian-kejadian aneh yang aku liat sendiri, seperti sandal jepit yang bergerak sendiri di depan mata aku, bunyi-bunyi aneh di kamar mandi, dan lain sebagainya yang bikin bulu kuduk berdiri. beda lagi dengan pengalaman temen-temenku yang tidur di kamar nomor 5, disitu banyak sekali kejadian aneh yg mereka alamin, dari pintu kamar yang buka dan nutup sendiri, gayung air yang berputar-putar di bak mandi dan kelabat bayang-bayang yang bikin dingin pundak. ada juga pengalaman temenku yang melihat anak-anak dan wanita seperti nona-nona belanda berlari-larian di bawah pohon beringin yang paling gede di depan wisma. ngeri banget dech kalo di bayangin, sebenernya takut, tapi dengan sekuat tenaga membunuh perasaan takut itu.

Ternyata di Belitung cuacanya panas banget, karena terletak di pinggir pantai kali yah? namanya juga daerah pesisir. pantai di Belitung keren banget, aku bareng rombongan sempet ke pantai tanjung Tinggi yang lautnya gila keren banget, pasir putih, airnya yang biru dan batu-batuan cadas yang berdiri kokoh,






Disini juga tempat syuting film sang pemimpi, ini nih kita sempet hunting-hunting photo, karena dibekali dengan kemampuan fotografer yang pas-pasan dan kemampuan kamera HP yang kualitasnya buruk jadilah photo-photo ini seadanya aja.

kualitas photonya jelek banget, padahal udah pede banget action di lokasi syutingnya sang pemimpi.

Satu lagi yang menarik di Belitung, di pasar seni Belitung yang terletak di pinggir pantai Tanjung pendam, terdapat satu komunitas sepeda ontel yang suka berkumpul di situ,

ini sebagian aja, dari anggota komunitas itu.
aku sempet photo-photo di situ, tapi sayangnya pas ambil photo semua anggota komunitas tersebut belum ngumpul semua, sempet mau wawancara tapi karena mendadak banget jadi nggak jadi.

Nah, keseokan harinya di belitung pagi-pagi udah kudu bangun dan siap-siap jemput rombongan menteri kebudayaan dan pariwisata Ir. Jero Wacik SE di bandara H.A.S Hanandjoedin, setelah itu meluncur ke museum sambil konfrensi pers, makan siang di Mabay restoran seafood di pinggir laut, liputan di tanjung pendam memantau persiapan launching visit babel archipelago 2010, balik ke wisma, mandi siap-siap lagi ke rumah dinas Bupati Belitung bareng rombongan wartawan untuk makan malam dan wawancara eksklusif dengan menteri jero wacik.
dari rumah Bupati, ngikutin rombongan meluncur ke lokasi launching visit Babel archipelago 2010, nyaksiin pentas seni sambil liputan langsung ke sonora jakarta, pesta kembang api yang keren banget dan kononnya menghabiskan dana 1,1 M untuk acara tersebut, habis pesta kembang api di lanjutkan lagi dengan nonton bareng film sang pemimpi dengan kurang lebih 700 ribu orang penduduk belitung lainnya, pokoknya meriah banget dech moment ini.

Setelah 2 hari jadwal padet banget, nah hari ketiga adalah hari santai untuk rombongan, kita sempet jalan lagi ke pantai tanjung tinggi, mancing dan mandi di pantai, photo-photo dan jalan-jalan di kota tanjung pandan sambil beli oleh-oleh. heheh hari itu aku borong keripik sukun banyak banget, keripik sukun khas belitung banget.



Malemnya rombongan nongkrong lagi di pasar seni belitung sambil beli kaos asli belitung, yang di sebut agas, yang artinya nyamuk. lumayan buat kenang-kenangan. dan ini beberapa koleksi photo dari aku yang hobi photografi tapi nggak punya lensa kualitas bagus untuk nyalurin bakat.




Sampai di Bangka lagi hari Rabu tanggal 30 desember 2009, langsung kerja bikin laporan perjalanan dinas, keesokan malemnya, jalan lagi muter kota pangkalpinang sambil liputan malam pergantian tahun di pantai pasir padi dan alun-alun merdeka, walaupun hujan tapi nggak menyurutkan semangat warga pangkalpinang untuk menyaksikan pesta kembang api. dan yang bikin seru, kumpul-kumpul lagi bareng temen-temen wartawan di kost-an Nurul sambil barbeque an. seru banget dech, kalo lagi ngumpul gini, serasa banget kebersamaannya.

Setelah beberapa hari sibuk dengan pekerjaan akhir tahun yang menguras energi banget, akhirnya hari ini aku baru bisa update postingan, nggak nyangka juga di awal tahun 2010 ini, aku kembali dapet award dari seorang temen yang suka banget sama bunga matahari, FLO
ini award special darinya karena unik banget. ini nih awardnya, keren kan??? makasih banget siszt



Nah, buat temen-temen semuanya, met taon baru yah? semoga apa yang di cita-citain bisa tercapai tahun ini, sukses untuk kita semuaaaa..... salam bahagia.ke

92 comments:

  1. asiknya rek...., jalan jalan

    ReplyDelete
  2. Pasti asik, seru..
    Selamat tahun baru ya!
    Sukses & peace...

    Salam kenal!

    ReplyDelete
  3. wa 'alaikissalaam de Tary... alhamdulillaah baik.. semoga kebahagiaan juga dianugerahkan oleb Allah pada de Tary sekeluarga.

    Alam di Bangka Belitung emang indah ya. Selamat atas awardnya juga.

    ReplyDelete
  4. asiknya. menikmati akhir tahun di tempat eksotis. :mrgreen:

    ReplyDelete
  5. belitung tanahnya laskar pelangi, ngiler pengin kesana

    ReplyDelete
  6. weleh2... baru liwat poto yg apa adanya aja dh indah gini apalagi kalo yg moto potograper handal yg pake kamera canggih ya??? ckckckck.... congrate bwt postingnya dh n hepi new year to U too ... kunjungan balasan.... :mrgreen:

    ReplyDelete
  7. selamat tahun baru 2010 ya, mbak..........
    benar2 liburan yg indah dan berkesan di penghujung tahun....:D

    ReplyDelete
  8. wah tary asyik bisa ke tempat syuting sang pemimpi, ternyata pemandangan lautnya indah... kapa ya bisa berkelana ke pelosok negeri seperti ke pulau belitung, met tahun baru...

    ReplyDelete
  9. kereeeen!!!!!!!!

    salam kenal ya, moga di taun yang baru inisemua menjadi lebih baik\1111

    ReplyDelete
  10. wah..pemandangan yg indah.....
    btw, kawan2 saya banyak yg ditugaskan disana...

    Mohon dukungan dari kawan-kawan agar para pemilik “kekuasaan” tak menggunakan segala kewenangannya untuk memuaskan nafsu-nafsu mereka…

    ReplyDelete
  11. Seru bgt ceritanya... Dari engga nyangka bakal dapet paket "liburan" akhir tahun sampe nginep di rumah berhan**... :) Sekembalinya dikasih award dari Mbaq Sunflo... Selamat tahun baru 2010, moga makin sukses ya...

    ReplyDelete
  12. Weeeew.. Indah bangeeeeeet. kapan2 ajak2 kita dong mbak. hihi..

    ReplyDelete
  13. met taon baruuu mbakkk Tariiii
    *HUg.... (sok kenal sok deket..) hihihi*


    huwaaaa...

    pengeeeennnnn..

    pengen kesanaaaaaaa...

    saia punya temen juga di kampus yg asalnya dari sana. suka cerita soal pantainya. pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnn....

    ReplyDelete
  14. wih enak ya jadi bisa ngersain keindahan alam belitung

    ReplyDelete
  15. Salam Takzim
    Selamat tahun baru 2010
    Maap telat, jangan didamprat
    apalagi dihujat, maklum padat
    Semoga tetap sehat, dan selalu semangat
    membnerikan sajian yang selalu bermanfaat
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  16. Wah asik di akhir tahun bisa jalan-jalan ke babel. kata temen2 yang asal sana plus foto pantainya sepertinya di sana sangat indah ya ?!
    oya, Selamat Tahun baru 2010 ya ?!

    Cari Uang Di Internet

    ReplyDelete
  17. emmmhh ga bisa ngebayangin kalo saya kesana :D :D :D soalnya ga pernah kesana.
    selamat tahun baru dan semoga selalu dalam lindungan allah swt

    salam hangat

    ReplyDelete
  18. mantapnya....saya pernah ke pangkal pinang..tapi belitung belum...keren pantainya...

    ReplyDelete
  19. indahnya persahabatan, indahnya award yang diberikan

    ReplyDelete
  20. pantainya meemang indah seperti yg dibilang orang ya...masih bersih gitu...
    wah akhir tahun yg seru nih...semoga di tahun ini semakin baik lagi...selamat tahun baru

    ReplyDelete
  21. jika blue diajak pastinya tak akan pernah bilang NOLAK!............hehhe
    salam hangat dari blue

    nice

    ReplyDelete
  22. eh ketemu suster ngepet ndak di pilanya jeng

    ReplyDelete
  23. wah boleh nih kalo diajak lagi kesana hehe,,,,maklum wong ndeso ga pernah jalan2.
    mat tahun baru...

    ReplyDelete
  24. heheheh makasih
    met taon baru juga ya

    ReplyDelete
  25. makasih mas Dan, semoga kebahagiaan juga selalu bersama mas Dan :-)

    ReplyDelete
  26. he eh iya, mudah-mudahan mas antok juga bisa berkunjung ke sana ya :-)

    ReplyDelete
  27. ▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■
    ★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★

    Inilah Proses Sunatan yang Paling Mengerikan:
    http://sunatan.notlong.com/

    Agan-agan semua pasti pernah ngerasain dengan yang namanya Khitanan atau Sunatan, mungkin pas Sunatan ada yang berani ngeliat proses sunatannya ataupun ada yang gak berani. Buat yang berani, nih deh saya bawa kembali anda saat proses Khitanan itu terjadi, langsung dinikmati aja yaw gan
    http://sunatan.notlong.com/

    ★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★
    ■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓

    ReplyDelete
  28. selamat pagi

    wuah, banyak cerita yang dituliskan ya
    mulai dari rumah angker
    ngeliput menteri
    ngelihat kembang api dan Sang Pemimpi bareng orang2 belitong sono
    wwooooowwww :cool:
    pengalaman tahun baruan yang sangat asyik

    terima kasih dan mohon maaf :o

    ReplyDelete
  29. Sudah lama saya tidak main kesini, dan sepertinya pemilik blog juga sudah lupa.
    Melihat koleksi fotonya, boleh dong Tar saya minta untuk dijadikan head banner pada blog saya.
    Salam dan Selamat Tahun baru.

    ReplyDelete
  30. wew... menyenangkan sekali kegiatan akhir tahunnya.....

    ReplyDelete
  31. Wuih enakna jalan2 :)

    Btw, met taon baru ya non tary. Semoga taon ini bisa lebih baik dari taon2 sebelomnya. Salam :D

    ReplyDelete
  32. met tahun baruu juga ya^^ :)
    seruuu dan asyiikk tahun barunya... :) :)
    tar tar pulau ituuhkan pernah dijadiin syuting film :) :) :)
    bri lupa film apaa eaaa namanyaa?

    ReplyDelete
  33. indah pemnadanganyaa..wah^^ :)
    kekuasaan bisa jadi pemuas nafsu? nafsu sesaat>>>> hilaangg

    ReplyDelete
  34. filmnya sang pemimpii^^..tapikkan laskar pelangi juga mah...met tahun baru 2010 :)

    ReplyDelete
  35. ceritanya seruu bgt^^...moga makiin sukses sahabat tary^^....

    ReplyDelete
  36. jika bri diajak bri maunya berangkat kesananya gratis.....smile^^
    salam smile dari bri :)

    ReplyDelete
  37. Selamat Tahun Baru ...

    BTW ...
    Wow ...
    Samapi tempat syuting ada markanya juga ya ...
    wah keren ini ...
    mungkin bisa dijadikan object wisata cinema nih ?

    Salam saya

    ReplyDelete
  38. wehh pemandangannya keren banget
    pengen deh gue kesana :)

    ReplyDelete
  39. ahaha laskar pelangi :D
    salam kenal salam kenal . .

    ReplyDelete
  40. Wah, asik banget...2009 ditutup dengan jalan jalan ke pantai...
    Saran!!! Taun depan ke gunung aja.hehe ajikinai pengen ke gunung sih.. :mrgreen:

    ReplyDelete
  41. mantabs banget liburannya tar :-D

    met taon baru ya, maaf telat mampir

    ReplyDelete
  42. jadi pengen...
    bagus euy pantainya

    ReplyDelete
  43. Indah bgt pantainya...kapan sy bs kesana y?
    Met tahun baru...
    Salam,

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah, bisa kerja sambil liburan ya... :)
    Memang pantaiya menggiurkan banget, spertinya kalo aku ada disitu...pasti langsung nyemplung ke laut dan berenang bersama ubur-ubur... hehe... *lebay*
    Wisma-nya nggak sekalian jadi tempat syuting film horor ya??

    ReplyDelete
  45. oke sama-sama bri, sukses buat bri ya
    itu lokasi syuting sang pemimpi bri :-)

    ReplyDelete
  46. makasih vany, met taon baru juga ya :-)

    ReplyDelete
  47. makasih atas kunjungannya, salam kenal ya :-)

    ReplyDelete
  48. iya bri :-)
    laskar pelangi syutingnya di manggar, tapi nggak tau juga kalau pantainya.

    ReplyDelete
  49. salam kenal juga aziz, thanks ya?

    ReplyDelete
  50. hahahah iya nafsu sesaat bisa merugikan diri sendiri

    ReplyDelete
  51. iya akhir tahun yang banyak cerita buat aku mas, seneng banget dapet apresiasi dari seorang sahabat lagi.

    ReplyDelete
  52. met taon baru juga fiya
    sukses terus ya?
    pantainya mang keren rugi loh kalo nggak berkunjung, heheh

    ReplyDelete
  53. ayukkk boleh kalo mau ikut, hehehe

    ReplyDelete
  54. salam takzin pak, selamat taon baru yah, semoga dianatara waktu yang padat, selalu ada waktu untuk berkunjung dan dikunjungi, heheh

    ReplyDelete
  55. makasih ya udah mampir, salam kenal juga met taon baru ya
    pantai di babel mag terkenal indah dech.

    ReplyDelete
  56. makasih mas, semoga persahabatan di dunia maya tetep terus terjalin.

    ReplyDelete
  57. nanti kalo ada waktu dateng ya ndie :-)

    ReplyDelete
  58. heheheh....nyari sponsor dulu ya bri, kali aja bisa gratisan heheh

    ReplyDelete
  59. iya dech blue, kalo diajak ikutan ya :-)

    ReplyDelete
  60. makasih oelil, pantainya memang masih asri dan alami, terutama air lautnya yang biru banget

    ReplyDelete
  61. iya dech nanti diajak, heheheh kita cari sponsor dulu ya biar gratisan
    met taon baru juga ya:-)

    ReplyDelete
  62. suster jingkrak mas, hahahah yg gimana lagi tuh?

    ReplyDelete
  63. iya nih rul, banyak cerita banyak pengalaman juga, pokoknya menyenangkan banget dech.

    ReplyDelete
  64. oke segera meluncur kesana :-)

    ReplyDelete
  65. makasih jaka, met taon baru juga, sukses terus ya?

    ReplyDelete
  66. silakan pak :-)
    nggak bakalan lupa kok, heheh

    ReplyDelete
  67. salam kenal juga bayu, thanks udah mampir

    ReplyDelete
  68. heheh main dong kesini
    gak nyesel dech :-)

    ReplyDelete
  69. iya bener banget, semoga aja ya :-)

    ReplyDelete
  70. semoga dech secepatnya bisa berkunjung ya

    ReplyDelete
  71. makasih put, met taon baru juga ya :-)

    ReplyDelete
  72. boleh juga tuh, aku udah lama nggak ke gunung, dulu terakhir waktu SMA, kayaknya seru banget tuh.

    ReplyDelete
  73. hahahahah...bisa bisa kalo minat kin,
    kerren banget loh?

    ReplyDelete
  74. cih! aku pengen bgt ke Belitung!! Tahun ini harus ke sana!!

    ReplyDelete
  75. wah,... kok ga ketemu ya?
    aku jg ke pulau belitung dari tgl. 30 des'09 - 3 jan'10.
    Tp aq langsung mendarat di Bandara H.AS. Hananjoeddin - Tanjung pandan, karena memang tujuan saya hanya pulau belitung.
    Pemandangan Pulau belitung memang sangat menakjubkan.
    Pantai tanjung pendam, Pantai Tanjung tinggi, Pantai Tanjung Secupak, Pantai Tanjung Kalayang tp anda RUGI BANGET kalo tidak menyeberang ke pulau2 kecil di sekitar pulau belitung. Karena Pantai2 tsb tidak ada apa2nya dgn pulau2 kecil di sekitarnya. Saya menyebarang ke pulau2 kecil dengan menyewa kapal 1 hari dengan biaya Rp.450rb.
    aku mengunjungi :
    Pulau pasir
    Pulau yg terdiri dari pasir semua tanpa ada tumbuhan sebatang pun dan tidak berpenghuni.
    Pulau Lengkuas
    Disini terdapat menara mercusuar yg di bangun pada th. 1882 oleh belanda yg terdiri dari 18 lantai masing-lantai terdiri dari 18 anak tangga. Kolam dewa-dewi (yg beri nama Marcell Chandrawinata) Pasirnya luar biasa putih & bersih.
    Pulau Burung
    Disinilah surganya belitong menurut saya.
    Pulau Batu Belayar.
    Pulau dengan pasir putih tanpa tumbuhan satupun, hanya ada batuan granit yg tingginya lbh dari 100meter.
    dan kami juga ke Belitung Timur melihat wihara dewi kuan in, SD Muhammadiyah Gantong, A1 Bukit Saman.
    Jika ingin melihat foto2 liburan saya ke belitung add FB saya dgn ID : "Wilson Edfrans"

    ReplyDelete