Tuesday, 26 January 2010

Kebahagiaan ada, ketika kita bersyukur



Semalam, dalam perjalanan pulang dari rumah nenek dengan kuda besi kesayanganku aku meluncur dengan kecepatan rata-rata 40km/jam, dengan hembusan angin malam yang menyelinap antara pohon-pohon akasia di sepanjang perjalanan (sedikit lebay) aku merasa bahagia sekali, malam ini bisa berbagi dengan sepupu-sepupu kecilku yang aku anggap teman, yah teman berbagi canda. akhirnya dengan sisa gaji yang sangat minim aku bisa ajak peri-peri kecil ini mencicipi hasil keringatku.

Yah, meskipun tak banyak, tapi setidaknya ada kebahagiaan yang aku rasakan. dalam perjalanan itu pula aku kembali merenungkan banyak sekali hal-hal yang terlewatkan dalam kehidupanku, aku tau aku terlalu sibuk dengan urusanku sendiri sehingga melewatkan hal-hal kecil di sekelilingku. bosan dengan aktifitas yang itu-itu saja setiap harinya membuat aku merasa jenuh dengan kehidupan. dan masa itu di mana memandang masa depan terasa amat menyakitkan bagiku. aku menyebutnya sebagai titik terendah dalam kehidupanku.

Aku selalu bertanya Apakah kebahagiaan itu? dan dimanakah letak kebahagiaan itu?? tapi malam ini aku kembali mendapat jawaban, banyak hal indah diluar sana tary, banyak hal-hal yang bisa kamu lakukan selain mengurung diri di dalam kamar setiap malam.

Jawaban itu juga aku dapatkan dari adikku tercinta tadi malam saat ia mengirmkan komentarnya di dinding fesbuk ku adikku berkata

My sista : kebahagiaan sangat mudah didapatkan, ketika kita dapat mensyukurinya .

thanks my brother i love u fool,,,
Aku membaca komentar itu dengan perasaan haru ternyata memang benar apa yang dikatakan adikku, kebahagiaan itu ada dimana-mana, kebahagiaan akan kita rasakan ketika kita dapat mensyukurinya.

Selama ini aku selalu mengeluh, mengeluh dan selalu mentertawakan ketidakbahagiaan. bingung mencari dimana letak kebahagiaan itu, aku mulai sadar, bahwa selama ini aku terlalu terpaku pada hal-hal yang belum aku miliki sehingga aku melupakan segala anugerah yang telah diberikan Allah padaku. aku lupa bersyukur (Astaqfirullah!). ternyata dengan apa yang aku alami semalam, dapat aku simpulkan, kebahagiaan selalu ada dimana saja kita berdiri.

Begitulah, perjalanan kita mencari kebahagiaan dan keindahan.
Sering kali kita mencarinya di luar dan tidak mendapat apa-apa.

Sedangkan daerah tergelap dalam mencari kebahagiaan dan keindahan,
sebenarnya adalah daerah-daerah di dalam diri. Justru letak
'sumur'kebahagiaan yang tak pernah kering, berada di dalam.

Sumur ini hanya kita temukan dan kita timba
airnya kalau kita bisa mengetahui diri kita sendiri,"

Seandainya diri sendiri telah ditemukan, maka artinya kita kemudian
mengetahui kehidupan. dan itulah Kebahagiaan.

73 comments:

  1. Anda luar biasa, teruslah menulis !!
    http://mobil88.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. salam
    keduax...
    lama tidak bersua lewat blog ini. bagaimana kabarnya? tetpa semangat menulis kayaknya nih.

    ReplyDelete
  3. yupz bener banget

    berkunjung n mohon kunjungan baliknya makasihhh

    salam blogger

    ReplyDelete
  4. great post!
    beneran deh tulisan yang ini bagus banget!
    like this!

    ReplyDelete
  5. thanks my brother i love u fool,,,

    Fool = bego artinya Tar :mrgreen:

    I love you full kali ya maksudnya?

    ReplyDelete
  6. betul sekali..kebahagiaan itu akan slalu kita dapat ketika kita slalu mau mensyukurinya..
    tulisan yg sangat bagus...

    ReplyDelete
  7. yeah..terkadang kita melupakan sekeliling kita yg terkecil sekalipun, padahal di sana juga terdapat kebahagiaan yg dapat kita rasakan...
    jadi teringat kutipan : Maxim Gorky (1868-1936), novelis dan pujangga asal Rusia"Kebahagiaan selalu terasa kecil saat Anda mendapatkannya. Namun, coba biarkan dia berlalu begitu saja, Anda akan merasakan seberapa besar dan berharganya kebahagiaan itu."
    Jadi intinya, selalu bersyukur...



    salam, ^_^

    ReplyDelete
  8. membaca tulisan ini mengingatkanku untuk selalu bersyukur dan bersyukur atas apa yg sudah Tuhan berikan kapada saya..

    ReplyDelete
  9. Mantaaaap salam persahabatan n salam kunjung mengunjung

    ReplyDelete
  10. aku setuju. dan bodohnya, aku baru nyadar, sewaktu baca ini,.. pikiranku bicara *iya, bener juga, ya!*

    ReplyDelete
  11. salam ngeblog

    bw yang pertamax ni

    ReplyDelete
  12. inspiring tulisannya. bener, jika kita terpaku pada hal-hal yang belum kita dapat, maka kita akan merasa kurang terus. sehingga lupa bersyukur.

    let's being thankful for every single ordinary miracle today.

    ReplyDelete
  13. Inilah yang sering saya bahas dengan teman dekat saya, ketika kami berdua sadar bahwa kami berdua terlalu banyak mengeluh dan lupa dengan betapa banyaknya yang sudah kami dapat.
    Kami harus bersyukur, sering2 bersyukur, agar hati ini lebih ikhlas dan akhirnya bisa bahagia dgn apa yg sudah kita miliki.

    ReplyDelete
  14. tuhan akan menimbah nikmatnya..
    kepada umatnya yang bersyukur....,

    ReplyDelete
  15. bener mbak.. rasa syukur adalahkebahagiaan yang terindah....
    setiap orang pasti mempunyai titik jenuh jika melakukan sesuatu yang melulu... mudah-mudahan sampean menemukan kebahagiaan yang sejati..
    salam hangat selalu..

    ReplyDelete
  16. Setuju banget, Ry
    Dengan bersyukur juga bisa membuat hidup lebih indah :)

    ReplyDelete
  17. maka bersyukurlah dengan mengucapkan, Alhamdulillah :D

    thanks udah main ke blog gw. main lagi juga boleehh :D
    salam ganteng dari diazhandsome

    ReplyDelete
  18. tapi kadang2, penglihatan kediri sendiri trganggu oleh tingginya ego, mungkin itu yg bikin org susah menemukan kebahagiaan... :mrgreen:

    ReplyDelete
  19. Ternyata kebahagiaan begitu dekat ya, ada di dalam diri sendiri. Kita memang terbiasa cari semut di seberang lautan, padahal ada gajah di dalam hati. Salam.

    ReplyDelete
  20. Bersyukur dengan apa yang ada tanpa berusaha meraih apa yang tidak bisa kita gapai adalah kebahagiaan yang hakiki.

    Semoga sukses dan semangat selalu.
    Salam taksim.

    ReplyDelete
  21. Salah satu ciri dari orang yang bahagia adalah, senantiasa bersyukur kepadaNya akan semua yang dimilikinya, dirasakannya...
    Nice post... :) Like It

    ReplyDelete
  22. "I am my happiness."

    kedengerennya egois, kyk yg gak butuh siapa2, tapi kalo aku lagi down atau lagi pengen marah2in semua orang, it works for me. give it a try, dear. it might help :)

    ReplyDelete
  23. Salam Takzim
    Berbagi pengalaman itu juga sebuah kebahagiaan, kala kita sedih kemudian kita berbagi lantas sahabat yang menerima kesedihan akan menghibur kita, nah disitulah ada kebahagiaan,maap
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  24. bersyukur... bersyukur... bersyukur...
    dan bersyukur.... itulah kunci kebahagiaan sebenarnya...

    ReplyDelete
  25. Give me a bliss.... Mgkn lgu Muse - Bliss cocok kali ya... (dkit promo)
    [keep share]

    ReplyDelete
  26. kabar baik mas, mas sendiri gimana? semoga baik2 aja yah.
    sukses selalu mas

    ReplyDelete
  27. ya itu maksudnya mas, tapi sengaja nulisnya begitu :D

    ReplyDelete
  28. terima kasih mas, bahkan ada perkataan seperti ini : “Be grateful for whoever you are….coz if u compare it to others, u’ll be suprised of their secret life “
    “Bersyukurlah atas dirimu apa adanya… karena bila kamu membandingkan dengan orang lain, kamu akan “terkejut” dengan rahasia hidup mereka”

    ReplyDelete
  29. terima kasih kembali mas jika tulisan ini bisa bermanfaat untuk yg lain saya sangat senang :D

    ReplyDelete
  30. bener sekali mas, kebahagiaan tak melulu ada pada hal2 yang besar dan mahal

    ReplyDelete
  31. terima kasih sudah mengunjungi :D

    ReplyDelete
  32. :D semoga kedepannya kita bisa lebih baik lagi yah

    ReplyDelete
  33. terkadang ambisi mengalahkan segalanya,. sehingga lupa kalau diatas langit masih ada langit, heheh makasih ya mbak :D

    ReplyDelete
  34. bener banget mbak, terkadang aku juga selalu begitu, selalu merasa kurang, sehingga melupakan nikmat yg telah diberikan selama ini :D

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah :D
    nanti aku akan berkunjung lagi:-)

    ReplyDelete
  36. benar mas, terkadang ego mengalahkan segalanya.

    ReplyDelete
  37. setuju....

    "bersyukurlah, sebelumm kamu mengumpat"

    nice post :)

    ReplyDelete
  38. iya, itu karena kita tidak biasa memandang diri sendiri, ingin menjadi diri orang lain itu mungkin juga penyebabnya yah, sehingga lupa apa yg telah ada di dalam diri sendiri.
    sukses untukmu yah:D

    ReplyDelete
  39. bersyukurlah, maka nikmatmu akan kutambah :D
    salam..

    ReplyDelete
  40. semoga kita bisa menemukan kebahagiaan hakiki itu mas, :D terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  41. Knp kok dinamakan Tary si Kuman ?

    ReplyDelete
  42. heheh memang adakalanya kita seperti itu, dan itu wajar menurutku :D

    ReplyDelete
  43. iya pak zip, benar yg bapak katakan, itulah gunanya sahabat, bisa berbagi sedih dan bahagia.:D

    ReplyDelete
  44. wah pak belum berani, tulisanku masih ecek-ecek heheh

    ReplyDelete
  45. makasih rani :D
    lebih baik bersyukur daripada mengumpat heheh

    ReplyDelete
  46. kata temen-temen aku suka bawa virus, heheh virus gila wkwkwkwk

    ReplyDelete
  47. virusnya udah sembuh blm..ahahay
    tary..emg gettuh iaa wkt pas mau nulis kalimat yg indah
    suka gemaanaa gituuh..tapi gk lebay kok biasa aja ;)
    betewe ganti dems iaaa...fresh = segar ^o^
    ___alhamdulillah___

    ReplyDelete
  48. Makasih Tary.. Tulisanmu di atas ngingetin aku tentang arti bersyukur .. dan bahagia..

    ReplyDelete
  49. setuju.. tulisan sahabat aku bisa jadi referensi nih http://sachzqirana.wordpress.com/2009/04/06/ibsn-catatan-tertinggal/

    ReplyDelete
  50. selama kita bisa saling menghargai satu-sama lain, mungkin juga itu suatu kebahagiaan?

    ReplyDelete
  51. hahahah bisa aja Bri:D
    biar lebih fresh dengan putih

    ReplyDelete
  52. pasti, itu juga hal yg bisa bikin kita bahagia:D

    ReplyDelete
  53. makasih, aku akan berkunjung balik:D

    ReplyDelete
  54. selamat memaknai kehidupan ini ry...beruntung punya lil sis yg bisa diajak tuk berbagi kata2 bijak.... ^^

    ReplyDelete