Friday, 18 December 2009

Panggil aku Tary!

sekilas sejarah tentang namaku sampai detik ini, sehingga aku berkeinginan menjadi pelaku panggung sandiwara, seorang tokoh yang penuh warna, nyolok, norak, wagu, mblerengi, tur apik, sedikit gambaran kata di kita yang mewakili lapisan masyarakat ndeso sing nguthoni, utawa kere mungah mbale. terserah apa yang diperdebatkan (mulai ngaco dech)

"apalah arti sebuah nama..." bener nggak sih nama nggak ada artinya? memang ada orang yang nggak peduli dengan nama, katanya sih, nama itu hanya untuk bedain satu dengan yang lain, biar enggak bingung. itu aja nggak lebih. coba bayangin kalo nggak ada nama, semua pasti dipanggil "anu" padahal belum tentu semua punya "anu" kan?!?! heheh...
but, ada juga yang ngomong kalo nama itu, bukan cuma susunan rapi huruf-huruf tanpa makna tapi lebih dari itu, nama bisa berarti doa, paling nggak ada sebuah harapan dan angan yang digantungkan disitu.

ngomongin nama, aku pernah protes, sama ibuku, kenapa harus dikasih nama tary, bahkan sampai sekarang terkadang aku kurang sreg sama nama asli ku, yah nggak perlu di tulis disinilah nama panjangku sebenernya, hmm...sebenernya nggak jelek-jelek banget, konon katanya nama ku ini bukan pemberian ayah sama ibuku, melainkan pemberian seorang sahabat kecil ayahku, namanya om kandar.

menurut mereka namaku ini punya banyak arti ada yang bilang artinya abadi, ada juga yang bilang namaku ini berhubungan dengan seni, seni tari maksudnya gitooo...

sering jengkel juga, kalao pas baru kenalan sama orang, trus aku sebutin nama, "namaku tary" pasti dech orang bilang tary apa nih, tari pendet atau tari piring, heheheh... kalo udah gitu, aku hanya bisa senyum manyun.

entah kenapa, aku jadi males noleh kalo orang pada manggil aku dengan nama lengkapku, aku pakai nama lengkap hanya pada saat-saat tertentu, misalkan data di KTP, saat ujian, saat ngelamar kerjaan atau nanti mungkin, pas mau nikah di surat nikah (tapi nggak tau kapan heheh) tapi nama Tary nggak jelek-jelek amatlah.

pernah waktu masih SMP karena kita punya genk yang namanya Traxel Girls, semua anggota ini, harus mengganti nama dengan nama pilihan masing-masing, alhasil aku jadi ikut pusing mikirin nama yang oke, biar bisa ngetop markotop di sekolah, akhirnya terpilihlah satu buah nama dari beberapa macam nama, Zhyka, aku pikir awalnya keren, karena temen-temenku juga pakai ganti nama segala, ada chessy, gemara, vierra, tiara, padahal kalau di lihat-lihat nama asli lebih bagus ketimbang nama samaran, nama aslinya ada bellin, anggesti, firna sama Tria. tapi tetep aja nama samaran nggak bisa bikin orang ngenalin kita, tetep aja kebanting sama nama julukan dari temen-temen karena sering bertingkah aneh. heheheheh, ada yang di panggil sapi, buto ijo, cungkring bahkan ada temenku yang sampe sekarang melekat dengan panggilan buntut botol karena pakai kacamata tebel.

beda lagi waktu jaman SMA dan Kuliah, aku lebih akrab dipanggil dengan sebutan Ayok sama temen-temenku, kalau ada yang nanya nama lengkapku di kampus, orang-orang nggak bakalan kenal. konon panggilan ini adalah panggilan yang lahir dari keluargaku sendiri, ayok artinya sama dengan ayuk atau kakak perempuan, karena aku cucu pertama di keluargaku, jadi melekatlah panggilan ini padaku sampai sekarang.

"ayok" singkat, padat dan sedikit nyeleneh, singkat, padat karena sekali mulut kita nganga, selesai. nyeleneh karena nggak bakalan ketemu kalo di cari di kamus umum bahasa Indonesianya HJS Poerwadarminto.

"AYOK" bisa dibaca [ayuk], persis kalo kita baca [ayo'], juga bisa dibaca [nyok], hebatkan bisa macem-macem nyebutnya! sapa sih yang ngasih nama? jelasnya bukan aku! heheheh

dengerin ketiga cara ucap diatas, ternyata ayok juga kaya makna. pertama artinya bisa sama dengan ayuk, mbak kalo bahasa jawanya, teteh dalam bahasa sundanya, empo kalau betawinya atau sister kalo dalam inggrisnya, kalau kata anak-anak jaman sekarang ayok atau ayo' bisa dalam artian ajakan, heheh...heheh.... jadi please dech jangan diomongin, ora ilok kalo orang jawa bilang, pamali kata orang sunda, Na'udzubillahi mindzalika! (heheh...ngawur)

hmmm tapi sukur dech aku dikasih nama Tary, ternyata nama juga adalah doa, makasih banget sama om kandar yang udah kasih nama buat aku, semoga aja dengan nama Tary ini bisa menghasilkan satu karya pesona, dari hasil inspirasi, ide kreatif, inovatif dengan semangat besar, mood yang tinggi, bergerak lebih cepat, melaju lebih kencang tanpa diisi bahan bakar, hahahah emangnya mesin? hmmm...makanya aku ingin selalu isi terus tanki mesin ini, karena aku nggak pengen jadi sakit...heheh bener nggak temen-temen. (bingung sakit apaan...halah... ngaco lagi)

kalo di lirik-lirik dari sudut kanan, kiri, depan, belakang, nama tary cantik juga, feminim gitu, biarpun aslinya nggak cewek-cewek banget. yah... paling nggak aku bersyukur banget dikasih nama tary, nggak bisa bayangin dech kalo orang tuaku ngasih nama joko, jono atau karsono hahahahahah....(maaf yah untuk nama-nama yang barusan disebutin, nggak ada maksud mendiskriditkan...halah...bener nggak sih bahasanya)
ya jelas enggaklah, aku kan cewek, jadi nggak mungkin dikasih nama cowok. jadi sekarang dengan bangga aku bilang namaku Tary, nama tary juga aku pilih untuk nama udaraku setiap on air. jadi panggil aku si Tary, okey....

87 comments:

  1. “apalah arti sebuah nama…”
    Sangat berarti dong ..
    Nama adalah cita-cita.
    Kalo misalnya dalam pengumuman masuk PTN tidak ada nama kita, artinya kita akan kecewa. kalo di sebuah undangan pernikahan ada nama kita, bisa jadi kita mempelai pria.
    Hehehe ...
    Taariiii ... *Aku memanggilmu Tari*
    Salam kenal ...
    Saya, Abied, dari sebuah tempat paling indah di dunia. :mrgreen:
    Salam

    ReplyDelete
  2. Salam silaturahim dari Pekalongan.

    ReplyDelete
  3. salam juga, makasih kang udah mampir, salam kenal ya

    ReplyDelete
  4. heheh makasih mas abied, banyak makna dari sebuah nama, dibalik itu semuanya harusnya kita selalu bersyukur diberi nama yang indah oleh orang tua kita. bukan gitu mas?
    tererengkyu juga udah mau mampir ke blogku...
    btw tempat terindahnya dimana? heheh boleh dunk main kesana.:-)

    ReplyDelete
  5. hehehe...nama...kadang orang menyamarkannya karena punya konotasi jelek atau punya reputasi buruk, kadang orang membangga2kannya karena bagus, orang2 punya tanggapan sendiri2.
    hehehe
    salam kenal..
    nice to read

    ReplyDelete
  6. haluuu mbak Tary..

    numpang lewat...

    ReplyDelete
  7. hmm gitu yah, thanks yah udah mampir, dan kasih komeng di postinganku, heheh apapun namamu, itu adalah doa dari ayah ibumu, heheheh

    ReplyDelete
  8. hoooooooooi tary!!!!

    katanya suruh manggil kamu...
    hehehe..

    ReplyDelete
  9. huuh gan, nama ituh sebuah do'a yang diberikan orangtua pada kita :)

    tapi sayah suka lupa sama nama temen yang udah lama kagak ketemu, contohnya ketemu temen SMP, lupa lagi tuh siapa namanya, tapi SKSD ajah, hahaha :D

    ReplyDelete
  10. Nama hanya membedakan jasad seseorang dari segi gender..namun nama juga memiliki artian seperti yang disebutkan, karna nama juga sebuah amanah untuk kita dari orang tua :D *mulai ngemeng ngaco neh gw* :mrgreen: but gw mau call u Sizt Tary ajah gimanah..?? :lol:

    selamat malam & selamat beristirahat :D

    -salam- ^_^

    ReplyDelete
  11. Tarrryyyyyyyyy.........
    Eh,,,mbak Tary ajah dink :D

    Saya sudah membaca kilasan sejarah nama Tary, Tari pendet tari Kecak he he he, just Kidding Sist...

    Namanya penuh dengan doa dari Ortu kok ;)

    Salam semangat selalu

    ReplyDelete
  12. Tary...
    bagus kok menurutku :)
    tapi keren yah, trnyata pemberian dari teman kecil ayahnya mbak...
    seperti di film-film :p

    ReplyDelete
  13. tp kenapa di nama Fb badge-nya jadi Ayk (bukan 'ayok' seperti cerita di atas)?

    ReplyDelete
  14. di Jawa kakak perempuan bisa juga dipanggil Mbak Yu, kalau di daerahku sendiri di Tegal biasanya cuma Yu.. misal Yu Tary.. baiklah.. aku panggil kau Tary.. :)

    ReplyDelete
  15. oke, aku panggil kamu Tary. :)

    ReplyDelete
  16. Hehe, saya juga dulu waktu kecil suka protes dengan nama pemberian orang tua karena terdengar aneh di telinga masyarakat umum. Pushandaka.., nama apa itu? Tapi itu dulu banget, waktu saya blum tau pentingnya bersyukur. Hihi!

    Yah, orang tua ndak mungkin memberi nama kepada anaknya secara sembarangan. Ada doa dan cita-cita yang terkandung dalam nama itu. Iya kan, Tary?? :)

    ReplyDelete
  17. Tary.. taryy.. taryy..
    musti berapa kali aku panggil kamu Tary...
    Tary... tary... taryyyyyy....
    apakah kamu masih Tary
    Tary.

    ReplyDelete
  18. nama Tary bagus semanis orangnya............
    Salam.

    ReplyDelete
  19. ya... saya panggil Anda, Tary. Hai tary... salam kenal. hehe
    Btw. tulisannya kok hurup kecil semua ya? ini gak taat azas penulisan paragraf. :p

    ReplyDelete
  20. but aq lebih suka memanggilmu dengan nickname 'Ry'... ^^

    ReplyDelete
  21. Saya rasa itu sebuah nama yang bagus mbak. Meskipun banyak orang yang bilang apalah arti sebuah nama, tapi yakinlah bahwa tak seorang pun orang tua yang mau memberi nama pada anaknya dengan nama yang berarti jelek.

    ReplyDelete
  22. aku panggil yah..
    hai tary... :lol:

    ReplyDelete
  23. hai hai tary...!!!! *teriak pake towa, sekalian ngetes telinga*

    ReplyDelete
  24. waks sebut nama ku gak ijin dulu wakaka

    ReplyDelete
  25. nah bener tuh.. mendingkan nama sendiri.. lagian tari.. kadangan aku mikir tari diambil dari kata mentari.. hmm apa yang diinget dari mentari.??? memberi ketenangan di pagi hari... soalnya mentari biasanya identik sama pagi. klo siang matahari.. :D

    oh iya .. ada award di tempat q ambil ya.. tiduronline.blogspot.com ^^

    ReplyDelete
  26. hey tary...
    bener kan tary^^...
    iaudah nama...apapun juga asal bkn ejekan
    salam hangat dan semangat...colourfull
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    :) :) :) :) :) :) :) :) :)
    __smile^^__

    ReplyDelete
  27. tary bri mau undang kesinih...
    tapi kamu dateng eaahh tary....
    trims
    http://dhila13.wordpress.com/2009/12/17/tasbih-bukan-kontes-biasa-sticky/#comment-7295
    bri support^^ double respect

    ReplyDelete
  28. okeh tary.. :)


    makasi yah da sin99ah :)

    ReplyDelete
  29. hehe...

    bener juga mbak. apa jadinya kalo ente dikasi nama Joko.
    masa saya mau bilang begini, "salam kenal, Jok." padahal ente perempuan. :mrgreen:

    ReplyDelete
  30. Oke Mbak Tary...
    (tuh..dah nyebut nama "Tary")
    hehe...
    Makasih mbak...

    ReplyDelete
  31. Nama Tary cantik kalo dulu gak ngeh kan... om kandar memberikan nama yang terbaik buatmu

    ReplyDelete
  32. setiap nama pasti mengandung arti yang bagus, namamu bagus Tary

    ReplyDelete
  33. iyaaaaa....aku bilang iyaaaaaaaa

    ReplyDelete
  34. jiahhhahahhaha...boleh panggil itu juga boleh kok. :-)

    ReplyDelete
  35. heheh...bukannya film tuh yang ngadopsi kisah nyata... :-)

    ReplyDelete
  36. makasih boban, heheheh bis bingung panggil apa?
    salam hangat juga ya :-) smile dikit donk?

    ReplyDelete
  37. untuk nyamarin aja, heheh Ayk juga maksudnya ayok, heheh :-)

    ReplyDelete
  38. makasih mas Dan, kalo buat cowok selain mas, di Tegal di panggil apa?

    ReplyDelete
  39. hahahahah...iya...iya mas Moudy aku udah nyaut kok, hihihi :-)

    ReplyDelete
  40. Pishandaka nama bener ya mas, kirain Pushandaka cuma nama buat Blog. karena pakai gravatar garuda pancasila, nama Pushandaka aku pikir mirip2 kek nasionalis gitu. heheh :-)

    ReplyDelete
  41. salam kenal juga, heheh
    tulisnnya huruf kecil semua karena caps lock keyboard ku nggak berfungsi lagi heheh

    ReplyDelete
  42. iya...put, belom budeg kok, hahahahahha

    ReplyDelete
  43. bener banget mas, nama adalah anugerah

    ReplyDelete
  44. hehheh asyikk dapet award lagi, tq yah. meluncur kesana untuk menjemput... heheheh

    ReplyDelete
  45. hahahahahh :-) :-) sorry mas jok, nggak ngeh aku sama namamu heheh

    ReplyDelete
  46. heheh makasih Bri, colourfull sekali setiap ada Bri, thanks ya?

    ReplyDelete
  47. makasih Bri, meluncur kesana sekarang dech, heheheh

    ReplyDelete
  48. makasih juga bend dah mampir, heheh :-)

    ReplyDelete
  49. hayy juga kutaraja, heheh
    salam kenal ya, thanks udah mampir.

    ReplyDelete
  50. salam kenal yaa dari blogger tegal tp domisili di semarang.

    ReplyDelete
  51. oke salam kenal juga mas agung, thanks yah udah mampir ke blog ku.

    ReplyDelete
  52. mba tary....buleh tukaran link???hehehe

    ReplyDelete
  53. samasama..lg on air eaa^^..nice picture

    ReplyDelete
  54. woooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooowwww :shock:

    hanya 4 huruf, T-A-R-Y, bisa jadi sebuah postingan yang yang berisi.

    emang nama Tary itu bagus, mengingatkan saya kepada si seksi Cut Tary, presenternya Insert di Trans TV.

    tapi tetap saja, nama Alisnaik lebih keren. muwahahahahahaha :twisted:

    terima kasih dan mohon maaf :o

    ReplyDelete
  55. wow..asiknya menTARY pagi ini...
    menyiTARY seluruh pelosok negeri...
    riang gembira.
    Mereka yang sedang berpesta, sambil melakukan TARYan sederhana...
    trus,,,
    em,,,,
    wah,,kehabisan kata kata,,hehehehe
    sampai disitu aja puisinya,,,
    :mrgreen:

    ReplyDelete
  56. iya..iya dech alis naik lebih keren, heheheh, tapi aku punya saran nih, knp nggak diganti alis terbalik aja, soalnya di badge fesbukmu, potomu terbalik, jadi aku liat alismu terbalik juga, hahahah

    ReplyDelete
  57. hahahah....lanjutin dunk, penasaran aku :-)

    ReplyDelete
  58. nama adalah doadan harapan..
    name tary g bagus''
    nek cem mane agaik bagus e ?

    ReplyDelete
  59. hahah..aok imang makngah, betingkah umun kadeng2 e :-)

    ReplyDelete
  60. aku tau loh, siapa nama aslimu.. hihihi..

    namamu bagus, kok.. :D

    ReplyDelete
  61. jadi teringat tagline blog lama saya: Panggil aku 'niez'...
    tapi itu bukan nama bikin2an. ehehee...

    ReplyDelete
  62. Tary... abadilah namamu.
    Nama yang bagus kok.. siapa bilang jelek? hehehe..

    ReplyDelete
  63. heheh sama tary juga nama asli loh :-)

    ReplyDelete