Sunday, 22 November 2009

KNapAh YaKh…Ab3g3 CkrNGs CkA An3H2 Klo N9iRiM E z3mes????

Huhhh….pegel mata pastinya, dan sumpah banget kalo dapet sms kayak ginian gue bisa dongkol setengah mati dan jadi males bales ntu sms.

Beberapa saat yang lalu, gue dapet kiriman sms dari sepupu gue yang imut-imut…biasalah karena gue cucu paling tua dalem silsilah keluarga gue, jadi apa-apa mereka selalu nanyain ke gue. Dan sepupu gue ini rata-rata abege baru beranjak gede semua. Dan yang bikin gue pusing melintir bacain sms nya, itu loh? Kenapa sich rata-rata ABG sekarang suka bikin pusing ya, ngirim sms dengan bahasa kuda. Nggak jelas gitu tulisannya apa, kayak gini nih contohnya :

huhuhu...
yaH,,Jd JmPutz NgGk n3kh
K3rIInG N3kh nUn99U di SkUlahaN khan ga eNK’y d’LiATiN oRg..
TrUzzzzzzzzzzz d’CiNi dA Co CaKepZ… MaLU d’LiAtin MhUlu "anakNya lUthU dech... ak jdi G3er Nech…
DiTun99UiN YaKH G3peeL Dech… CaPzcupz….

Emang menyebalkan dech gaya sms nya ABG tapi gue maklum namanya juga ABG, dunia anak baru gede emang suka aneh-aneh. Tapi perasaan dulu pas gue seumuran mereka nggak gitu dech (*garuk-garuk kepala mode on)

Dan ini sering banget gue temuin, kemaren malem juga pas on air bawain acara AMKM, ada yang SMS request lagu. Nah loh….pas gue mo bacain sms ntu sms isinya tulisan kuda, nggak jelas mau request lagu apa dan mo salam-salam ma siapa aja. Kira-kira gini nech isinya :

K4x T4rY y’Ng ImU3tz b9t, s’Ma F4R4h NiCh d’KAp3d4 4k mo R’qu3sT L49u ‘n4 J4Cko 8l4ck 0R Wh!T3
s’l4m2 to ma’ Flend d’ Sk4nSa l4m’ ch4Y4nK S’l4Lu.
TrUzZZZ tO al3x4 aK mO B’L4N9
tKdaNg b'gaNk iTu ad ga eNk'y jg yK..???
tp mU gMn Lg..udH kLopP'y ma mRk,,,
t'sEraH ap kT oRg,,,
mU g'sUka,,ll'feel,,mU juTek,,n' bLa..bLa..bLa..
kg peduLi dagH,,
yg pNtg qT ttp b'sMa,,koMpaK,,
ad yg LewaT y,,cuEkiN aZ.. Bwt K4x T4Ry’x Th4Nx’s b9t d4ch…

busyeeett…………otak gue tiba-tiba hang nech….bingung baca nya. Energi gue terkuras habis gara-gara bacain sms ini. Alhasil siaran gue kayak orang gagap dan sempet beberapa menit baru bisa buat mata dan rahang gue kembali normal.. Nich anak lincah banget jempolnya yah, bukannya sms yang kayak ginian pastinya menguras energi. Niatnya mungkin pengen nyingkat biar irit (cuma berapa rupiah seh?), biar dianggep keren (ini yang parah), atau sender saking pinternya mengkombinasikan angka-abjad-hurup kecil dan hurup besar karena jempolnya sudah sangat terlatih. Tapi jujur, itu malah bikin emosi tau?! Apalagi kalo bikin si penerima yang tidak berdosa harus berpikir keras membacanya *sigh*.Yah…itulah ABG


Hahah…gimana nech kalo yang sms bukan ABG dan udah bangkotan kayak pacar sepupu gue. Gue sempet baca sms dari pacar sepupu gue yang isinya kayak gini neh:

“B3ps, s4i!a M’s!H CH4!Y4nK K’mU.. LuV U Mu4Ch…HhHhHhHh

ya Tuhan... tulisannya bo... (saiia, masii, saiank, kmu.) buset! --" Nulis yang bener kenapa sih? Toh jarinya masih pada utuh semua, kan? *sigh*
gue sempet nyeletuk hehe terus sepupu gue nggak suka pacar nya di gituin bales lagi dia nyeletuk
“yang bisa baca berarti masih ABG.
yang kagak bisa baca berarti masih bangkotan! (::ngakak2::sambil nguling-nguling dech )”

btw, benci banget sama sms kayak gitu. kalo pacar gue nekat nyingkat2 sms-nya, pasti gue bales dengan, "sok muda! mau gue kena stroke atau nyuruh gue mati mendadak, bikin mata gue sakit aja!"

Bener kata sebuah Blog yang pernah gue baca, bahwa bahasa SMS yang disingkat-singkat dengan absurd itu adalah salah satu bahasa paling berbahaya sepanjang sejarah umat manusia. Sms-sms semacam ini bisa membuat si pembaca menahan napas, berpikir keras, dan membuat syak wasangka karena harus menebak setiap kata yang di tulis. Nyusahin kan akhirnya???

44 comments:

  1. aku juga masi abg, tapi sms ga gitu2 amat,wakakak
    sama dah, ga suka liat sms kaya gitu

    ReplyDelete
  2. bahasa memang sesuatu yang rawan, berhati-hatilah dengan bahasa.. :)

    ReplyDelete
  3. Alay itu istilahnya heehehehe. diblog saya juga ada. silahkan kalo mau dilihat2 hehehehe.
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. kK 4d4 y Bh454 k4yk 61ni :roll:

    ReplyDelete
  5. apalagi aku,depat sms kakgini....pasti pusing dulu, baru he eh...

    ReplyDelete
  6. PEMBUKAAN
    mbak Setary
    selamat pagi. saya datang lagi.

    ISI
    hati hati mbak !!!
    sebenarnya ini adalah kode rahasia yang berisi rumus rumus untuk meracik bom nuklir.
    mereka bukan sembarangan ABG. mereka spesial. butuh pemahaman khusus.
    mengerikan. saaaangat mengerikan !!!! dunia bisa hancur di tangan mereka !!

    PENUTUP
    saya bisa gila kalo membaca tulisan ini !!
    aaarghh :evil: :evil:

    ReplyDelete
  7. ha3. di koran lokal di solo, ada rubrik sms remaja dan saya juga menemukan gaya sms kayak gitu. kenapa gaya macam ini bs menyebar ke pelbagai kota? apa hayo media yg mendistribusikan gaya ini? media massa saya rasa gak mungkin. lalu apa?

    ReplyDelete
  8. dan begitulah warna kecemerlangan abg saat ini jeung
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  9. jawabannya gampank jenk...,
    karena otak abge sekarag kena sindrom sinetronisme akut jadi otak nya mengalami gangguan neurologis over creative , hasil nya tuh otak jadi sedkit norak n ga jelas ....wakakakakakkakk. :mrgreen:

    ReplyDelete
  10. saya juga sering ngalamai yang begituan, dibales males, ga di bales itu sms dari keluarga sendiri bingung mau gimana..

    link nya sudah saya tambahkan

    ReplyDelete
  11. HOhohohohoho..
    Ta[pi aneh Mbak, biasanya kan suka disingkat singkat, lha itu judulnya sms ajah jadi e z3mes, pemborosan tuwh namanya he he he he....
    Tapi...ya begitulah adanya anak muda sekarang...(anak muda yang mana ya, yang masih SMP kali)

    Salam semangat selalu

    ReplyDelete
  12. maklum anak muda zaman sekarang

    ReplyDelete
  13. tanya aja ke kuda
    Insya Allah langsung ngerti
    Wakaka........
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

    ReplyDelete
  14. Ito3 yan9 nam4nYa Ez-Em-eZ 9aoeL yacH :D

    ReplyDelete
  15. h4h4h4h4,.,.

    sMsny4 B4caNy4 pU5in9....


    aduhh,aku jd ikut2an nulis yg seperti disms itu deh...

    ReplyDelete
  16. setuju lah, paling kesel memang dapet sms bahasa ABEGEH....

    c3p3 d3h...

    salam,

    ReplyDelete
  17. iya kalau salah, bisa salah kaprah. hehe

    ReplyDelete
  18. hahahah....bagus dech kalo nggak kayak gitu, jadilah ABG yg baik yak...heheh

    ReplyDelete
  19. hahahah....yang bener ??? mudah2an nggak dech ya...

    ReplyDelete
  20. peran media juga bisa loh, mungkin-mungkin aja, kenapa nggak gitu???

    ReplyDelete
  21. hahahah....betul juga risetnya.

    ReplyDelete
  22. makasih blue udah mampir, salam hangat juga yah

    ReplyDelete
  23. heheh bingung kan??? sama gue juga bingung

    ReplyDelete
  24. yah begitulah anak muda, sms kan pesan singkat, jadi musti singkat padat dan jelas, eh..ini malah di panjang2in.

    ReplyDelete
  25. hihi...beda bgt sama anak muda dulu yah...pastilah...

    ReplyDelete
  26. heheh....cape yah, salam kenal yah, thanks udah berkunjung

    ReplyDelete
  27. iya nih...aku jadi ketularan pusing (fitri tropica*mode on)

    ReplyDelete
  28. ABG sekarang kreatif dan pinter-pinter, buktinya sms segitu kacau beliau kalimatnya campur angka juga dengan cepat bisa mereka simak dengan cepat

    ReplyDelete
  29. Aku juga kesel banget kalo dapat sms yang begitu...
    Emang kadang bukan dari abg aja, yang dewasa juga ada... :(

    ReplyDelete
  30. kalau saya mah baca ginian juga pusing 7 keliling mbak.. salam kenal mbak, ini kunjugan perdana saya..

    ReplyDelete
  31. @mamah Aline : iya mah betul banget, ABG sekarang mang pinter2 semua, tapi kasian kan yg gak berdosa harus baca sms ginian..heheheh thanks udah berkunjung.
    @kaka akin : iya, nggak ABG aja, yg dewasa juga sering kok, nurutin gaya ABG heheh
    @thepenks : pusing melintir deh pokoknya, salam kenal juga yah, thanks udah berkunjung.

    ReplyDelete
  32. one word.
    alay....
    hhhahahahah

    ReplyDelete
  33. baca artikel ini saya bersukur karena sudah tua :-)

    ReplyDelete
  34. say juga bersyukur mas karena udah tua, jadi nggak merepotkan orang lain heheh

    ReplyDelete
  35. ngapain dibaca. kan ada translatornya. :p nih di sini nih: http://herdian.ferdianto.com/alay-translator

    ReplyDelete
  36. Itu namanya trend kaum ALAY tar...
    Biarkanlah mereka bersosialisasi dengan caranya masing2, kita ppun, mungkin jika hidup di masa2 sekarang, mungkin tidak akan jauh berbeda.. Iya kan, iya lah, iya dong... :)

    Terjemahan ke bahasa Alay-nya gini :
    1tu nam4ny4 tr3nd kaum AL4Y tar...
    Biark4nlah m3r3k4 ber50s14l1s45i d3n64n c4r4nya m451n62, k1t4 ppun, mun6k1n j1ka hidup d1 m4542 53kar4ng, mun6k1n t1dak 4k4n j4uh berb3d4.. 1ya kan, 1y4 lah, 1y4 don6... :)

    Coba deh maen2 ke http://alaygenerator.co.cc

    ReplyDelete
  37. hahahaha...namanya juga abg sizt :D btw pas baca judulna juga lumayan ribet sizt hampir aja ga bisa kebaca :D

    ReplyDelete