Thursday, 22 October 2009

I Love BANGKA

imagesaku lahir dan besar di suatu pulau, yang di sebut dengan Pulau "Bangka" aku cinta dengan kampung halaman ku, banyak hal-hal unik, tradisi budaya dan orang-orang yang terkenal ramah. berikut ini sekilas tentang Pulau Bangka yang ingin aku promosikan untuk temen2 yang belum pernah berkunjung ke Bangka.

Pulau Bangka adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Sumatra, Indonesia dan termasuk dalam wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Populasinya pada 2004 berjumlah 789.809 jiwa. Luas pulau Bangka ialah 11.693.54 km².

Bangka menurut bahasa sehari-hari masyarakat Bangka mengandung arti "sudah tua" atau "sangat tua", sehingga pulau Bangka dapat diartikan sebagai "pulau yang sudah tua". Berdasarkan kandungan bahan galian yang didapat di daerah ini, pulau Bangka banyak mengandung bahan bahan galian mineral yang tentunya terjadi dari prosess alam yang berlaku berjuta juta tahun. Misalkan Timah yang ada dibangka, sehingga masyarakat menyebutnya dengan sebutan pulau bangka.

Kata bangka dapat juga berasal dari kata wangka yang artinya timah. Karena di daerah ini ditemukan bahan galian timah maka disebut Pulau Timah. Karena pergeseran atau bunyi bahasa yang berubah maka masyarakat lebih lekat memanggil Pulau ini dengan kata Pulau Bangka atau pulau bertimah. Menurut cerita rakyat Pulau bangka tidak ada penduduk asli semua adalah pendatang dari suku yang diberi nama suku sekak. Masyarakatnya masih menganut animisme. Kemudian masuk bangsa melayu dari daratan malaka dengan membawa agama islam yang kemudian berkembang samapai sekarang.

Pulau Bangka dikelilingi oleh pantai, banyak sekali pantai-pantai indah yang keindahannya tak bisa dilukiskan dengan kata-kata

images1

ada yang disebut dengan pantai parai tenggiri, tanjung pesona, matras, romodong, pasir padi, teluk uber, tanjung kelayang, air anyir, batu bedaun dan lain-lain masih banyak lagi.

2

dan temen-temen, makanan khas Bangka banyak sekali ragam nya, kalian pernah denger martabak Bangka, hmmm....martabak yang terkenal seantero indonesia

3

selain martabak yang paling tersohor di Bangka adalah lempah kuning, ikan dimasak dengan bumbu kuning pedas dan pastinya sangat terkenal di pulau Bangka

4 berikut ini resep membuat lempah kuning ala ibu ku :

bahan dasar :
1 kg ikan kerisi merah (boleh ikan apa aja, selain paus, lumba2 atau piranha...)

bumbu dasar :
1. 10 butir cabe rawit
2. 1 ruas kunyit
3. 5 cm lengkuas
4. sedikit garam
5. penyedap rasa
6. sedikit gula
7. 5 siung bawang merah

cara memasak:
semua bumbu diblender halus, siapkan air secukupnya, campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan air secukupnya, dimasak hingga mendidih, kemudian masukan ikan yang sudah dibersihkan kurang lebih 10 menit kemudian siap dihidangkan...oyah....di campurin potongan buah nenas asyik juga loh???

*sorry kalo salah resep, gak tau masak soalnya.

nah, temen-temen selain lempah kuning ada juga loh, yang disebut lempah darat, nah kali ini aku pengen ngenalin sama temen-temen lempah darat keladi, tau pohon keladi kan????
nah seperti ini nih makanannya

images

temen-temen selain tiga makanan diatas, masih banyak lagi makanan khas bangka ini nih contohnya :

1. kemplang
2

2. otak-otak bangka
3

3. getas Bangka
4

4. rusip
5

5. kue rintak
6

6. dan yang terakhir, ternyata pulau Bangka juga punya loh terasi Bangka....yang hmmmm....yummy banget buat masak, seperti ini nih:
7

temen-temen ini sebagian saja makanan khas bangka yang aku postingin, masih banyak lagi loh...makanan khas Bangka lainnya.

aku terlahir sebagai orang bangka asli, dan aku bangga sekali tumbuh dan besar di pulau ini, kemana pun aku pergi, kemanapun aku menjelajah dan aku hanya akan pulang ke kampung halaman ku..."BANGKA"

10 comments:

  1. Keindahan dan kekayaan alam Bangka memang tak di ragukan lagi

    ReplyDelete
  2. Baru bisa berkunjung ke blog nya, belum ke Bangka nya... :)

    ReplyDelete
  3. heheh..thanks yah udah berkunjung...

    ReplyDelete
  4. darimana u berasal diamanapun engkau beribadah bagi blue engkau adalah sahabat
    terimakasih tuk selalu mencintai blog
    salam hangat selalu

    oya sahabat blue (sahabat u juga) ada yg berasal dari bangka lho.....heheh
    salam hangat selalu

    selamat menikmati hari minggunya
    semoga indah dan bisa membuatm merasa nyaman ok

    ReplyDelete
  5. terima kasih blue udah berkunjung ke blog ku,salam kenal juga yah.

    ReplyDelete
  6. aku berencana pengen ke Bangka-Belitung. namun menurut informasi, di sana sulit transportasi publik, ya?

    rencanaku sih pengen ke Belitung dulu, terus ke Bangka. namun belum dapet pencerahan soal waktunya. maklum, seorang buruh pacul harus menjaga sawah dan ladang, je..

    ReplyDelete
  7. wah.....sapa bilang bangka belitung sulit transportasi....salah besar dech....dateng aja, ntar aku jemput hehehe...

    ReplyDelete
  8. aku kan blang, transportasi publik. maklum, bawaannya pengen berdesak-desakan mulu di angkot. hihihihihi...

    ReplyDelete
  9. uwahahahahah...........gak ngeh....

    ReplyDelete