Thursday, 29 October 2009

Betulkah Mengisi TTS Bisa Mencegah Demensia?

Demensia adalah penurunan kemampuan mental yang biasanya berkembang secara perlahan, dimana terjadi gangguan ingatan, pikiran, penilaian dan kemampuan untuk memusatkan perhatian, dan bisa terjadi kemunduran kepribadian. Namun, seperti dikutip www.medicastore.com, demensia yang biasa menyerang usia di atas 60 tahun bukan merupakan bagian dari proses penuaan yang normal. Karena penurunan kemampuan mental ini bisa bertambah parah, banyak kaum lanjut usia berusaha mencegahnya sejak awal, antara lain dengan rajin mengisi teka-teki silang.

Benarkah teka-teki silang mampu mencegah demensia?

Saat usia bertambah, kondisi tubuh kita memburuk dan kesempatan kita untuk mengembangkan demensia meningkat. Otak, pilihannya adalah "menggunakannya" atau "menghilangkannya", demikian pendapat Henry Brodaty, profesor psychogeriatrics di University of New South Wales. Semakin banyak kita menggunakan otak -dengan melakukan aktivitas seperti mengisi teka-teki silang, sudoku, bermain bridge, scrabble, atau mempelajari bahasa baru- semakin kuat kemungkinan koneksi saraf dalam otak.

Hasil studi mendapati bahwa orang-orang yang aktif secara mental (sekali lagi aktif, dan bukannya secara pasif menonton TV) kecil kemungkinannya mengalami demensia dalam tahun-tahun akhir hidupnya. Meskipun begitu, para peneliti tidak mengetahui apakah latihan otak lah yang melindungi orang dari demensia, ataukah mereka yang menghindari aktivitas ini sebenarnya memang sudah berada pada tahap awal demensia.

Apa pun hasil penelitian tersebut, Profesor Brodaty dan lembaga Alzheimer's Australia menyarankan kita untuk sering mengisi teka-teki silang, bermain kartu, atau latihan otak lain jika kita ingin kesehatan mental kita tetap tajam. Ingat, penyakit demensia dan Alzheimer bukan sekadar membuat orang menurun daya ingatnya, tetapi juga menurunkan kemampuan mentalnya.

8 comments:

  1. yang jelas sih, semakin otak itu di asah, semakin dipergunakan dengna maksimanl, pasti hal2 seperti dimensia dan lainnya bisa di cegah. dan kemampuan otak, pasti akan terus meningkat *bener gak yah* he he he

    Salam Sinting!!!

    ReplyDelete
  2. iya bener banget, heheheh gara-gara sering ngisi TTS juga, gue sering kesiangan bangun, begadang ngisi TTS....halah2

    ReplyDelete
  3. berhubung saya suka main kartu dan scrabble, berarti ga masalah.. huehe.

    salam kenal yah! :mrgreen:

    ReplyDelete
  4. heheheheh.....kayaknya nggk (sok tahu dech), thanks yah udah berkunjung, salam knl

    ReplyDelete
  5. Saat kita berusia 60an nanti, kita akan ngisi TTS, maen scrabble dan sudoku di fesbuk (atau jejaring sosial yang lebih canggih lagi), sambil chatting dengan cucu2 atau temen2 sebaya di sudut2 dunia masing2, pake laptop yang barangkali sudah seringan dan semurah buku TTS Tary... & mungkin saja saya masih ngeblog saat itu. Mental? Tentu sehat lah~~ :mrgreen:

    ReplyDelete
  6. heheheh amin...amin....... semoga panjang umur, bisa liat anak cucu, thanks yah udah berkunjung.slm kenal

    ReplyDelete
  7. ngeblog juga bisa melatih ingatan. sering-sering menulis dan mendokumentasikan kehidupan kita, apa yg kita liat, apa yg kita dengar, juga bisa menjadi cara ampuh utk memelihara ingatan.. :)

    kalo lupa akan suatu peristiwa, tinggal baca URL-nya.. heheheh

    ReplyDelete
  8. hahahah iya, jadi inget dulu jaman SD mpe SMP rajin banget nulis diary, diary nya dimakan rayap, jadi gak inget lagi kenangannya hahahahhahyyyyy, ngeblog biar ntar tua bisa di baca2 lagi....

    ReplyDelete