Friday, 25 December 2009

akhirnya aku temukan (tulisan nggak jelas)

Aku bosan, sepanjang minggu ini aku selalu mendengar Nidji dengan Sang mantannya, aneh para pendengar kayak nggak ada lagu lain buat di request. Bosen dan tentunya males buat muterin, tapi mau gimana lagi ini permintaan pendengar. Gak tau mau ngapain, otakku bener-bener penuh dengan syair lagu tersebut.

Wednesday, 23 December 2009

Tuesday, 22 December 2009

Sunday, 20 December 2009

award dan harapan baru di penghujung tahun

Suara laju kendaraan selalu mengganggu tidurku yang sedang bermain dalam mimpi, seruan kokok ayam memaksaku untuk segera bangun melakukan aktifitas di pagi ini, jadwal cuci piring, menyapu, masak air, nyikat kamar mandi udah jadi pemandangan yang membosankan, halahhhh becanda ding...jadwal on air hari ini aku jalanin dengan semangat meski mendung menggelayut di langit minggu pagi ini.

06.00 WIB tet, pintu gerbang studio dibuka untuk menapak rejeki, pasukan Sonora Group dengan bedil keramatnya mulai siap untuk mengudara. karena ini adalah tempat berbagi dan mencari...semua berjalan seiring dengan rasa kebersamaan, melangkah bersama, berjuang bersama, maju bersama dan pusingpun juga bersama.

Saturday, 19 December 2009

Diary

hmmmm....hari ini sebenernya banyak banget bahan buat postingan. dari tadi pagi ujan gede, jadi males keluar rumah buat beraktifitas akhirnya aku milih ngedem di kamar sambil Blogwalking. capek Blogwalking karena jempol hampir-hampir copot rasanya, mulailah aku beresin kamar yang udah kayak kapal pecah. mulai asyik beres-beres kamar, mataku tertuju pada setumpuk buku Diary yang kumel bin dekil aku kembali tertarik untuk membongkar-bongkar lagi setumpuk diary itu.

Friday, 18 December 2009

Panggil aku Tary!

sekilas sejarah tentang namaku sampai detik ini, sehingga aku berkeinginan menjadi pelaku panggung sandiwara, seorang tokoh yang penuh warna, nyolok, norak, wagu, mblerengi, tur apik, sedikit gambaran kata di kita yang mewakili lapisan masyarakat ndeso sing nguthoni, utawa kere mungah mbale. terserah apa yang diperdebatkan (mulai ngaco dech)

Thursday, 17 December 2009

Bulek Titik A.k.a Lek Tik

Aku punya seorang bulek, namanya bulek titik, aku biasanya manggil dia dengan sebutan lek tik. bulek titik ini adalah adik iparnya ibuku, dia menikah dengan adik ibuku yang paling bungsu, aku panggil Bulek karena dia ini peranakan jawa yang kebetulan tinggal dan besar di Bangka. Orangnya lucu, polos dan kadang ngeselin banget. Aku suka banget ngisengin dia, hanya sekedar pengen liat dia marah-marah, karena bulek titik ini orangnya nggak gampang marahan. Selain rajin Bulek titik ini orangnya sangat antusias banget kalau menanggapi kabar-kabar miring alias isu tetang selebritis, pokoknya udah kayak paparazzi dech. Tanya aja mengenai gossip artis yang terbaru atau yang paling lama sekalipun dia selalu update. Heheheh

Tuesday, 15 December 2009

sedikit tentang Punk

catatan kecil yang aku dapetin dari seorang punk yang aku kenal di dunia maya beberapa waktu yang lalu, setelah beberapa minggu berkomunikasi via sms, telepon, fesbukan dan juga chatting di YM. ada fenomena yang menggigit yang ingin aku ketahui mengenai kehidupan seorang anak Punk, aku juga termasuk salah seorang yang awam banget mengenai trend hidup yang satu ini, kesimpulan kecil yang aku tau dari kehidupan seorang Punk...meskipun banyak pro dan kontra dengan kehadiran punk, aku kurang setuju punk di cap jelek dan terkesan punk Cuma sampah masyarakat yang hidup sebagai parasit karena ada segelintir orang yang bikin rusak punk. mereka bukan punk, mereka hanya poser, generasi yang terjajah oleh pikiran dangkal mereka.. ada sih…beberapa oknum yang menyalahgunakan arti punk, Cuma buat gaya-gayaan doang atau Cuma nangkep istilah “sex & violence” doang gak ada yang laen, sebenernya punk itu lebih banyak positifnya ketimbang Cuma sex & violence.

punk not dead

Jauh diseberang sana, pekat malam yang menyelimuti Jakarta, seolah tak pernah mati oleh orang-orang yang mencurahkan energy mereka di lautan moshpit. Disalah satu sudut kota Jakarta, ratusan orang yang mengklaim diri mereka sebagai punkers tampak memadati gig scene punk. Mereka bergembira ria dengan lantunan musik underground, celana kulit dan jacket kulit menjadi andalan mereka, dengan rambut bergaya spike atau Mohawk, Body piercing, rantai dan gelang spike menjadi salah satu yang wajib di kenakan dan tak lupa, selain boots tinggi, para Punkers juga biasa menggunakan sneakers dari Converse. Gaya para punkers tersebut maka tak salah jika ada ungkapan PUNK NOT DEAD.!!.

Dak…bru….gedubrak…hegh lagu yang tak bias didengarkan tengah tersaji disebuah lapangan yang tak begitu luas. Sekerumunan laki-laki berambut gondrong yang memainkan musik ber riffing sangar dan dentuman drum hiperblasting dengan vocal-vocal growl menyuarakan sederetan lirik caci maki, sumpah serapah lengkap dengan aksesoris seram dan berkostum hitam. Dari sore para pemuda dengan dandanan ala punk mulai berdatangan memadati lapangan itu. Setelah lepas Is’ya, musik keras mulai menggedor gendang telinga. Lagu yang dinyanyikan berbahasa inggris, memang keras dan menghentak. Para punkers yang ada di depan panggung sama sekali tak ada yang diam, mereka bergerak secara brutal kesana kemari. Lagu yang berisi sindiran supaya melakukan perubahan seolah semakin bernyawa.


gelap langit Jakarta semakin pekat tapi tak ada tanda-tanda para punkers akan pulang, bau minuman yang menyengat seolah-olah membuat suasana semakin hidup. Setiap kali ada penyelenggaraan konser punk minuman keras sepertinya hal yang biasa, dicegah bagaimanapun akan ada saja yang bawa. Meskipun minuman keras identik dengan anak punk, namun nggak semua anak punk adalah peminum. Ada yang menganggap dengan minum mereka serasa saudara, satu botol untuk beberapa orang.

Ini pengalaman pertama aku melihat kehidupan yang tak pernah bisa aku jumpai di tempat tinggalku. ini acara musik anak punk yang aku lihat dengan jelas bagaimana mereka menumpahkan segala ekspresi meraka di dalam musik.

2 hari lalu, ajakan laki-laki diujung sana membawa kakiku menuju ibu kota ini, yah laki-laki yang setelah sekian tahun aku kenal dari suaranya. Laki-laki itu adalah Nara, laki-laki bermata elang yang sudah 9 tahun ini menghabiskan hidupnya di jalanan. banyak hal yang aku ketahui dari dia tentang kehidupannya hingga saat ini, padahal hubungan kami selama ini hanya lewat telepon. hingga tepatnya 2 hari lalu, aku memutuskan untuk menemuinya setelah 5 tahun saling mengenal di dunia maya.

banyak hal yang ingin aku ketahui tentang Nara, bukan karena jiwa jurnalistik ku, melainkan ada sesuatu hal yang menarik dalam kehidupannya. hal-hal menarik yang membuat ia tampak indah di mataku, meskipun ia hanya seorang punk jalanan yang sering di cap sampah oleh masyarakat.

dan saat ini, aku mengetahui banyak tentang kehidupannya...tentang kesehariannya juga tentang kehidupan percintaannya. ternyata di luar penampilannya yang sangar, cuek dan lusuh itu ia menyimpan banyak sekali cita-cita, dan itulah mengapa aku sangat terkesan dengan laki-laki ini.

sebagai orang yang dibilang " buta tentang punk " aku sangat tertarik dengan punk. aku lihat di dalam punk ada kebebasan yang dipertanggung jawabkan, walaupun aku nggak survive jadi street punk beneran.meskipun Nara nggak identik dengan style punk, tapi jiwanya punk idealis, dia bahkan rela mati untuk idealisnya.

9 tahun hidup di jalanan, tentunya sudah banyak sekali suka duka yang dialami Nara, aku ingat sekali Nara pernah mengatakan kalau keluarganya sendiri juga tidak bisa menerima kehadiran gembel punk, untuk mengenal idealis itu sendiri nara harus kehilangan Ayahnya. makanya Nara terus berusaha dan membuktikan kalo dia bisa keep on struggle in this fuckin life.

Nara pernah mengatakan untuk jadi punk dalam arti sesungguhnya itu cukup berat dan banyak rintangannya, pasalnya punk memang lepas dari keteraturan, bebas dari pengekangan, anti kemapanan, punk sejati memegang teguh idealisme, tau ujung pangkal, luar dan dalam kenapa mereka milih jadi seorang punkers. Theres no heaven for an idealist, but who ares? I like my way and I live in my own heaven that called punk…

Monday, 14 December 2009

Berantem tapi nggak musuhan...

Banyak orang memilih diam dan menyimpan amarah saat bertengkar. Bahkan banyak pula yang menghindari pertengkaran dengan alasan menjaga keutuhan hubungan.

Wah, sudah bukan zamannya lagi takut dengan pertengkaran. Toh, menyimpan amarah, mendiamkan, berpura-pura semua baik-baik saja, berpura-pura semuanya seiring sejalan, berpura-pura tidak terbetik pikiran apa-apa saat suatu persoalan datang, takkan menyelesaikan persoalan itu sendiri.

Itu sebabnya, bertengkar diperlukan. Bahkan kadang bertengkar malah bisa merekatkan jiwa. Coba dech ingat apa yang kita dan pasangan lakukan saat bertengkar? kita berdua pasti berusaha menyatakan bahwa masing-masinglah yang paling benar dengan mengajukan berbagai argumen.

Sunday, 13 December 2009

Mendapatkan Cintanya Kembali, mungkinkah???

mendapatkan kembali cinta mantan?
hmmm.... mungkin nggak yah??

berdasarkan curhatan temenku semalem, akhirnya jadi kepikiran postingan ceritanya dia. ini bisa terjadi sama siapa aja loh? dan dulunya aku juga pernah ngalamin hal ini, tapi baru kepikiran aja, nggak sampe di praktekin.

ceritanya pas lagi on air aku muterin lagunya geisha "takkan pernah ada" yang liriknya kayak gini nih...

Friday, 11 December 2009

What do you do, after you say I love you?

Terkadang diawal hubungan segala terasa lebih mudah asalkan ada cinta. Tetapi faktanya banyak hal yang harus dikompromikan agar hubungan itu tetap berjalan lancar dan bertahan lama.

Dalam menjalin relationship, cinta bukanlah satu-satunya hal yang harus diandalkan. Dibutuhkan kerelaan dari mereka yang berhubungan, untuk meredam ego masing-masing dan mulai melihat pasangan bukan sebagai orang lain tetapi juga bagian dari diri dan hidup sendiri.

Menimbang-nimbang Cinta

Hitung-hitungan bukan hanya penting dilakukan dalam berbisnis, melainkan juga dalam percintaan. Eits, jangan dulu merasa bersalah karena Anda terkesan tak tulus memberi cinta. Pasalnya, terlalu banyak memberi cinta bisa membuat Anda kehabisan tenaga dan jatuh terpuruk karena kelelahan.

Beda Gaya Bercinta
“Semua orang yang sedang jatuh cinta pasti punya keinginan untuk memberi kepada pasangannya,” kata Roslina Verauli, M.Psi, yang biasa disapa Vera, psikolog dari RS Pondok Indah, Jakarta. Menurutnya, sesuai dengan pola hubungan “take and give”, biasanya pasangan pun akan bersedia melakukan hal serupa untuknya. Tapi bagaimana bila keinginan untuk memberi itu datangnya hanya dari di Anda?

Pertama-tama, Vera menyarankan untuk jangan dulu terbawa emosi. Tidak memberikan ekspresi cinta yang serupa dengan yang kita berikan kepadanya bukan berarti si dia tidak mencintai Anda. Soalnya, menurut Vera, setiap orang punya gaya mengekspresikan cinta yang berbeda-beda. “Misalnya, tidak semua orang beranggapan bahwa menelepon kekasihnya sehari tiga kali untuk bertanya sudah makan atau belum adalah ungkapan rasa cinta yang ideal. Bisa jadi dia malah merasa kesal dan terganggu karenanya,” ujar Vera.

Hanya Ada Dia dan Dia
Lantas, bagaimana cara menilai apakah cinta yang kita berikan kepadanya sudah proporsional atau malah berat sebelah? Tanda-tandanya, menurut Vera, bisa diamati dengan cara bertanya kepada diri Anda sendiri. Apakah Anda merasa nyaman menjalani hubungan saat ini? Apakah Anda merasa terlalu sering mengorbankan diri demi menjaga perasaan kekasih Anda? Apakah pasangan Anda cukup sering melakukan sesuatu untuk membuat Anda senang, atau membuktikan bahwa dia mencintai Anda?

Salah satu ciri yang tampak dalam suatu hubungan yang tidak seimbang adalah Anda sedikit demi sedikit merasa seolah kehilangan jati diri. “Anda kehilangan waktu untuk hangout dengan para sahabat, hubungan dengan keluarga perlahan-lahan mulai terasa renggang, dan Anda merasa tidak punya waktu lagi untuk diri sendiri. Ibaratnya, orang yang ikut andil dalam hubungan asmara tersebut hanyalah dia dan dia. Diri Anda seolah terhapus karena tidak dianggap keberadaannya,” kata Vera.

Takut Tidak Dicintai
Mengapa hal itu sampai bisa terjadi? Menurut Vera, hubungan cinta yang berat sebelah biasanya dialami oleh mereka yang punya pengalaman buruk di masa lalu. Misalnya, mereka yang tidak mendapatkan cukup kasih sayang dari orangtuanya di masa kecil atau pernah punya hubungan cinta yang agak traumatik.

“Berpijak dari pengalaman buruk itu, mereka jadi merasa bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan cinta dari orang lain adalah dengan memberikan segala-galanya kepada orang tersebut. Dia merasa cemas luar biasa kalau-kalau pasangannya akan pergi apabila dia tidak mencintainya secara habis-habisan,” ujar Vera.

Jika itu yang terjadi, maka bukannya hubungan cinta yang sehat dan saling membahagiakan yang akan Anda dapatkan. Sebagai gantinya, sedikit demi sedikit rasa percaya diri Anda akan terkikis habis dan Anda kehilangan identitas diri. “Dengan kadar self esteem yang rendah, pada akhirnya Anda akan menjadi terlalu tergantung pada pasangan. Anda jadi tak mampu membuat keputusan menyangkut kehidupan sendiri tanpa mendapat persetujuan darinya terlebih dahulu,” ujar Vera.

Bercermin
Untuk bisa mengatasinya, pertama-tama kenali dulu apa penyebab Anda rela melakukan apa saja demi pasangan. “Kenali kecemasan apa yang Anda rasakan bisa Anda sampai kehilangan cinta pasangan. Anda mesti belajar mencintai dengan cara berbeda dan berhenti melakukan langkah antisipasi negatif. Maksudnya, bila hubungan Anda dengan dia saat ini masih baik-baik saja, maka tak perlu cemas kalau-kalau Anda berdua nantinya putus,” tutur Vera.

Salah satu cara untuk menjaga supaya kadar cinta Anda seimbang dengan apa yang diberikan pasangan adalah dengan melakukan strategi “mirroring” atau “bercermin”. “Sebanyak apa hal-hal yang diberikan pasangan kepada Anda, maka sebesar itu pula batasan Anda bisa memberikan sesuatu kepada dirinya. Jika Anda ingin memberi dan mendapatkan yang lebih, maka bicarakanlah hal itu dengan pasangan,” kata Vera.

Yang perlu diingat, cinta itu adalah perkara selera. Bisa diibaratkan dengan ada orang yang menyukai bunga mawar berwarna putih, tapi ada pula yang tergila-gila pada mawar pink atau kuning. Tidak mendapatkan cinta dari seorang pria bukan berarti Anda adalah produk gagal yang tak layak mendapat cinta. Percaya deh, ada pria di luar sana yang mau dan mampu memberikan cinta sebanyak yang Anda inginkan. (Nayu Novita/CHIC)

Thursday, 10 December 2009

menjaga hati itu sulit yah???

Apa yang kamu lakukan jika tiba-tiba kamu bertemu lagi dengan seseorang yang dulunya pernah menjadi bagian dari hidupmu? Dengan kondisi hatimu yang baru saja pulih dari sakit yang di sebabkan oleh orang itu. Parahnya lagi orang itu berlaku layaknya tak memiliki kesalahan telah menciptakan segala perih yang kamu rasakan.

Pastinya, seperti ada yang menusuk dasar hatimu, luka yang kemarin hampir kering kini perih lagi. Dahsatnya…segala daya yang ada di tubuhmu, otak, syaraf pikiran dan segala kekuatanmu melemah seperti tak berfungsi.

Wednesday, 9 December 2009

Surat terakhir Aak...

saat kamu membaca suratku
aku sudah tidak lagi disampingmu
kini, aku sudah berada di duniaku
dunia dimana waktu seolah berhenti berdetak
detak yang seperti detak jantung kita sendiri

kamu mungkin tidak akan pernah mengerti aku
dan mungkin tidak akan pernah mengerti selama hidupmu tentang semua mimpiku, mimpi yang selalu ingin kita wujudkan.
tetapi, kamu harus mengerti bahwa dalam setiap napasku selalu ada dirimu, bahkan di detik-detik terakhir napasku berhembus

Tuesday, 8 December 2009

Monday, 7 December 2009

cerita hari ini aja.

hari ini banyak kerjaan banyak pikiran, alhasil stres melanda gue, kerjaan gak kelar, waktu habis terbuang sia-sia hanya karena dua pilihan yang bikin puyeng. tapi semangat untuk tetep ngeblog selalu ada, nuangin apa yang ada di kepala gue dalam 3 hari ini. buat yang baca jangan heran yahh....postingan ini kejar tayang bentar lagi waktunya mepet banget mo balik kantor. gue nggak sempet milih judul, 10 menit waktu gue terbuang cuma buat nyari judul postingan ini, alhasil nggak nyambung semua.

dari semalem banyak banget kejadian nggak terduga sehingga gue harus berperang batin, 2 pilihan yang sulit. semalem sepupu gue dateng nawarin satu job yang bagus prospek nya buat masa depan. di satu sisi gue mulai menikmati pekerjaan gue sekarang dan sedikit demi sedikit mulai mencintai pekerjaan gue.

semalem gue nggak bisa tidur, masih bingung, kenapa di saat-saat seperti ini harus datang tawaran-tawaran yang bikin gue bingung. gue masih takut salah langkah, takut salah mengambil keputusan sedangkan waktunya mepet banget.

dari beberapa orang kenalan, sodara, temen sampe senior gue, gue tanyain apa yg musti gue lakukan, kebanyakan dari mereka ngasih saran agar gue ngejalanin aja apa yang ada didepan mata sekarang, ngejalanin apa kata hati, masalahnya bekerja dengan cinta adalah sinergi yang luar biasa.

gue nggak tau, ini mungkin ujian yang musti gue lewatin, pagi ini banyak hal yang bikin seneng sekaligus sedih, sedihnya karena sebagian temen-temen sesama jurnalis harus cabut dari post karena lulus ujian test CPNS, itu artinya gue musti jalan sendiri lagi. hiks sedih banget.

Saturday, 5 December 2009

Tak Ada Lagi


Dia tuliskan ini dalam keperihan
Dalam kepedihan yang mendalam
Tentang perasaannya yang terpatahkan
Tentang lukanya yang tak tersembuhkan

Dia tak pernah meminta
Tak pernah menginginkan
Panah mu yang telah menusuknya
Hingga Dia jatuh, terlalu dalam

hebatnya cinta, hingga menipunya
menyesatkannya ke jurang kehancuran
namun dia bertahan
hanya karena satu kata cinta

Warna hitam t’lah kau perlihatkan
Gelap kehidupan telah kau hadirkan
Hingga dia buta,
hatinya telah terkunci, hanya untukmu

Dia tak bisa lagi melihat cahaya
Dia t’lah terbiasa dengan kehidupan yang suram
Hingga Dia benar-benar buta
Tak bisa lagi melihat terang

Dia tetap di sisimu meski jiwanya sakit
Dia tetap dibelakangmu walau raganya kosong
Kini, ketika saatnya tiba
Wanita itu t’lah membuatmu lupa
Lupa bahwa ada seonggok hati yang menantikan kepastian darimu
Ada seonggok hati yang tak pernah siap untuk patah

kini Dia menyerah, Dia kalah
Pesona orang itu t’lah membuat mu lupa
Lupa kepada seonggok hati yang malang itu
Pada seonggok hati yang kau abaikan itu

Saat hatinya patah,
sayatan-sayatan luka itu akan terus menganga
yahhh.... semua karena kamu
kamu yang mematahkan hatinya.


kini...
dia tak bisa lagi bertahan
keegoisanmu telah membunuhnya
dia tak akan pernah lagi menghiraukanmu
lakukan saja seperti yg ada di pikiranmu
karena Dia tak akan ada lagi untukmu

Thursday, 3 December 2009

pulih...

jika terlalu berat untukmu untuk tinggal dan berusaha silakan pergi.
dia aman bersama cintanya
dia nyaman dengan hatinya
hatinya yg sudah kembali kosong

torehan luka dan sesak air mata yg tidak bisa tumpah itu sudah hilang dia buang,
dia pulih sepulih_pulihnya.
segala kenangan pahit manis, tawa sedih, senyum canda dan kecewanya semua dia tinggalkan di belakang.

mengunci hatinya dengan gembok rahasia rapat_rapat
dan dia sungguh membuatmu tidak terlihat lagi
untuk matanya, hatinya dan semua perasaannya.

Tuesday, 1 December 2009

Impian sederhana...

sebelum bicara tentang impian, salah satu impianku adalah bisa bertemu dengan orang yang bisa berbagi, bertemu dengan teman sejati, hari ini aku mau mengucapkan terimakasih untuk sahabatku Bri yang udah kasih Award lagi buat aku...ini suatu bentuk apresiasi yang sangat aku hargai. ini award dari bri,


impian untuk bertemu teman-teman di dunia maya yang baik dan mengerti akhirnya terwujud. semoga pertemanan ini tetep terjalin terus dan tak lekang oleh waktu....

sesuai judul, Bicara tentang impian, aku punya impian sederhana
Yahhh…sederhana menurut versi ku.
Saat ini aku punya impian yang aku bagi menjadi 2 bagian…
Impian sederhana dan impian sangat sederhana….

Sunday, 29 November 2009

Friday, 27 November 2009

award dan Idul adha yang menyenangkan..

setelah sehari kemaren nggak sempet updates postingan, karena banyak kerjaan, mulai dari liputan ikut kunjungan wagub meninjau pembangunan Red Dot Hotel dikawasan Puncak Prima Lestari, sampai turun ke pasar mantau harga daging sapi sore menjelang idul Adha kemaren, alhasil aku kecapean nggak bisa update postinga. jadi hari ini ceritanya aku urutin satu-persatu heheh

Alhamdulillah banget kemaren mendapatkan kejutan-kejutan yang manis.

Kelelahan ku terhapus sudah dengan bertemunya temen-temen baru baik dari dunia nyata juga dunia maya.

Wednesday, 25 November 2009

Dia hanya membuatmu tidak terlihat

Dia hanya membuatmu tidak terlihat
Jangan berpikir bahwa kamu masih yang paling penting untuknya,
karena kamu tidak pernah membuatnya merasa penting untukmu selain untuk tidursiangmu dan mengerti dirimu.

Jangan berpikir bahwa masih ada sisa sayang untukmu.
karena kamu sendiri yang membuang rasa sayang dari hatinya sedikit demi sedikit dengan egoismu.

Tapi ternyata... tidak begitu...
Dia hanya membuatmu tidak terlihat lagi, untuk matanya, hatinya, dan semua perasaannya

saat itu dia memutuskan untuk diam ,
bukan berarti dia tidak sadar dengan apa yang kamu lakukan.
dan bukan berarti dia menikmati semua sakit dan perih yang kamu ciptakan.
bukan juga karena dia menyerah kalah dengan rasa sakit itu.

saat itu dia tidak menyerah, dan dia belum kalah.
dia biarkan kamu terus menusuk hatinya.
dia biarkan kamu sesukahati merusak semuanya.
dia biarkan kamu mengacak-acak hatinya.

dia tau kamu tidak buta.
dia tahu apa yang kamu lakukan dengan pasti, dengan setiap detailnya.
dia diam, karena dia tahu kamu tidak punya pilihan lain.
dia diam karena dia tahu, kamu ingin melakukannya dengan caramu sendiri.
maka dia diam.

dia tahu kamu tidak bodoh, kita tidak dilahirkan menjadi bodoh dan naif.
dia tahu itu.
maka dia diam.
dan dia akan tetap diam sampai saat kamu memintanya berbicara lagi.

Jangan berpikir dia jahat,
karena dia tidak pernah ingin kamu terluka.
saat itu dia diam, namun sekarang lelah dan mulai menyerah.
tapi dia hanya membuatmu tidak terlihat lagi, untuk matanya, hatinya, dan semua perasaannya . hingga kelak kamu memintanya berbicara .


15 September 2008 yang lalu....

Tuesday, 24 November 2009

Award di malam hari...

Ini loh award dari pak Zipoer7 :




Semalam, aku mendapat kejutan yang tak terkira membuat hati ini bahagia dan terharu. Ternyata persahabatan di dunia maya sangatlah indah, meski tak pernah bertatap muka secara langsung. Satu lagi apresiasi dari seorang sahabat yang selalu sempat meluangkan waktunya untuk berkunjung walau hanya sekedar menyapa, namun itu sangatlah berarti untuk aku seseorang yang sangat menghargai arti persahabatan.

Menurut ku, persahabatan itu bagaikan sistem endokrin.
Contohnya saja Renin-Angiotensin-Aldosteron.
Ketika volume darah berkurang maka reseptor renin di juxtaglomerulus ginjal bakal ngirim sinyal ke sel angiotensinogen, hormon tuk mengeluarkan angiotensin I yang selanjutnya bakal diubah di paru-paru menjadi angiotensin II yang berfungsi untuk vasospasme n keadaan volume darah bakal balik ke normal. Begitu pula kalo volume darah berlebih maka mekanisme sebaliknya pun akan berlaku dan menyebabkan volume darah menurun dan kembali normal.

Bingung...? =|

Intinya seorang sahabat itu bisa memberikan masukan kepada kita saat kita merasa kurang dan bisa membimbing kita saat kita 'berlebihan'. Well.. that's all hikmahnya.
Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

Terima kasih untuk Pak Zipoer7 yang sangat aku hormati, atas apresiasinya memberikan award kepadaku, ini award pertama untuk ku loh??? Semoga dengan award ini persahabatan dan silaturahmi antara sesama blogger takkan pernah putus.

Hari ini pun juga saya akan berbagai kebahagiaan dan meneruskan kembali award ini untuk 12 orang sahabat yang selalu datang disaat hati ini gundah, disaat bahagia dan disaat aku mengalami kesusahan, dan 12 orang itu adalah :

1. alisnaik
heheh laki-laki satu ini selalu ada buat sahabatnya, thanks ya bro selalu rajin datang berkunjung ke blog ku.

2. Dan
Mas Danang dengan kata-kata nya yang menyejukkan hati, semoga award ini berkenan

3. Riza kasela
Riza yang selalu sudi meluangkan waktunya untuk mampir.

4. kakdony
juga buat Kak Dony, terima kasih atas kunjungannya yah...

5. Bri
aduhhh cowok pinter satu ini, selalu rame dengan smile nya di setiap komentar, salam future sobat

6. kawanlama95
juga buat kawanlama95 yang sudah malang melintang di dunia maya....

7. Bluethunderheart
Blue yang setiap kehadirannya selalu membawa angin kedamaian

8. Elmoudy
mas Moudy juga, yang selalu kreatif, suka dech baca postingannya. heheh

9. sunflo
satu ini selain kakaakin 2 blogger wanita yg selalu menyapa, ada juga mbak flo nun jauh disana. keep smile mbak heheh

10. kakaakin
gitu juga sebaliknya kaka akin my sista yang selalu sudi berkunjung, thanks ya sist.

11. Zet
mas Triplezet yang selalu punya waktu untu mampir ke blog ku, thanks ya

12. Zam
hmmm... yang terakhir ada zam, yang selalu bikin ketawa setiap kasih koment hihihihi

anyway... untuk sobat-sobat yang lain, yang belum kebagian award sabar yah, dilain kesempatan pasti kita bisa berbagi. apalah arti sebuah award, karena hanya satu kata yang berarti yaitu "PERSAHABATAN"
makasih ya apresiasinya
buat yang laen, selamat mengaplikasikan apresiasi itu
(maksudnya selamat menjalin persahabatan yang edun pisan...)
mudah2an seh bisa bikin persahabatan dunia akherat, alah... so sweet.. (emang dodol? manis banget!)

Monday, 23 November 2009

tolong jangan tanyakan lagi

aku hanya ingin kamu mengerti
menunggu .
tersiksa .
terluka .
terhina .
hampa .
sunyi .
tertekan .
tidak pasti .
bingung .
kecewa .
tertawa .
sedih .
pedih .
menangis .
bahagia .
sepi .

dimana kamu saat-saat aku merasa seperti itu?
kemana kamu ketika aku membutuhkanmu?
kamu tidak pernah disana .
aku sendiri .

aku bukan siapa-siapa .
aku, aku hanya pemanis , tidak berarti , pantas dicampakkan dan wajar dilupakan.


namun aku ingin selalu disitu saat dunia membuangmu, disisimu .
aku ada saat kamu mengeluh, terjatuh dan mulai jenuh .
aku hanya ingin senyum itu selalu disana, di wajahmu .
aku yang menyayangimu tanpa mengikatmu .

aku hanya ingin kamu mengerti, aku menyayangimu .

tolong jangan tanyakan lagi
tolong jangan tanyakan lagi .
karena hati ini masih ragu, karena aku tidak yakin apa yang harus aku katakan .
tolong jangan tanyakan lagi mengapa sorot mataku seperti ini .
karena aku takut, sangat takut kehilangan kamu yang selalu menghilang seperti embun-embun itu .
tolong jangan tanyakan lagi mengapa diam-diam aku menangis di dalam gelap .
karena aku tidak buta.. tuli.. dan bisu.. aku bisa merasakan hatimu . hatimu yang datar dan dingin .
tolong jangan tanyakan semua itu lagi .
karena aku lelah . dan aku akan berhenti sebelum kamu menyadarinya .

kembalilah padanya .
nantikanlah dia .
aku rela . aku menyerah .


hingga kamu tak terlihat lagi
Malam tadi tubuh ini sudah terlalu lelah, lelah untuk terus menerka, setelah terus mencoba, setelah terus menanti, setelah terus mencari .
Sudah cukup. Aku tidak ingin lagi .
Untuk kali ini biarkan aku pergi.

Kamu tau itu, aku tidak akan pernah bisa melepaskan, untuk kemudian menyerah, mundur dan menghilang .
Maka kumohon pergilah
Biarkan aku melihat punggungmu menjauh
Biarkan aku mengejarmu hingga terjatuh dan terluka
Hingga kamu tak terlihat lagi, menjauh dan pergi jauh.


Sunday, 22 November 2009

KNapAh YaKh…Ab3g3 CkrNGs CkA An3H2 Klo N9iRiM E z3mes????

Huhhh….pegel mata pastinya, dan sumpah banget kalo dapet sms kayak ginian gue bisa dongkol setengah mati dan jadi males bales ntu sms.

Beberapa saat yang lalu, gue dapet kiriman sms dari sepupu gue yang imut-imut…biasalah karena gue cucu paling tua dalem silsilah keluarga gue, jadi apa-apa mereka selalu nanyain ke gue. Dan sepupu gue ini rata-rata abege baru beranjak gede semua. Dan yang bikin gue pusing melintir bacain sms nya, itu loh? Kenapa sich rata-rata ABG sekarang suka bikin pusing ya, ngirim sms dengan bahasa kuda. Nggak jelas gitu tulisannya apa, kayak gini nih contohnya :

huhuhu...
yaH,,Jd JmPutz NgGk n3kh
K3rIInG N3kh nUn99U di SkUlahaN khan ga eNK’y d’LiATiN oRg..
TrUzzzzzzzzzzz d’CiNi dA Co CaKepZ… MaLU d’LiAtin MhUlu "anakNya lUthU dech... ak jdi G3er Nech…
DiTun99UiN YaKH G3peeL Dech… CaPzcupz….

Emang menyebalkan dech gaya sms nya ABG tapi gue maklum namanya juga ABG, dunia anak baru gede emang suka aneh-aneh. Tapi perasaan dulu pas gue seumuran mereka nggak gitu dech (*garuk-garuk kepala mode on)

Dan ini sering banget gue temuin, kemaren malem juga pas on air bawain acara AMKM, ada yang SMS request lagu. Nah loh….pas gue mo bacain sms ntu sms isinya tulisan kuda, nggak jelas mau request lagu apa dan mo salam-salam ma siapa aja. Kira-kira gini nech isinya :

K4x T4rY y’Ng ImU3tz b9t, s’Ma F4R4h NiCh d’KAp3d4 4k mo R’qu3sT L49u ‘n4 J4Cko 8l4ck 0R Wh!T3
s’l4m2 to ma’ Flend d’ Sk4nSa l4m’ ch4Y4nK S’l4Lu.
TrUzZZZ tO al3x4 aK mO B’L4N9
tKdaNg b'gaNk iTu ad ga eNk'y jg yK..???
tp mU gMn Lg..udH kLopP'y ma mRk,,,
t'sEraH ap kT oRg,,,
mU g'sUka,,ll'feel,,mU juTek,,n' bLa..bLa..bLa..
kg peduLi dagH,,
yg pNtg qT ttp b'sMa,,koMpaK,,
ad yg LewaT y,,cuEkiN aZ.. Bwt K4x T4Ry’x Th4Nx’s b9t d4ch…

busyeeett…………otak gue tiba-tiba hang nech….bingung baca nya. Energi gue terkuras habis gara-gara bacain sms ini. Alhasil siaran gue kayak orang gagap dan sempet beberapa menit baru bisa buat mata dan rahang gue kembali normal.. Nich anak lincah banget jempolnya yah, bukannya sms yang kayak ginian pastinya menguras energi. Niatnya mungkin pengen nyingkat biar irit (cuma berapa rupiah seh?), biar dianggep keren (ini yang parah), atau sender saking pinternya mengkombinasikan angka-abjad-hurup kecil dan hurup besar karena jempolnya sudah sangat terlatih. Tapi jujur, itu malah bikin emosi tau?! Apalagi kalo bikin si penerima yang tidak berdosa harus berpikir keras membacanya *sigh*.Yah…itulah ABG


Hahah…gimana nech kalo yang sms bukan ABG dan udah bangkotan kayak pacar sepupu gue. Gue sempet baca sms dari pacar sepupu gue yang isinya kayak gini neh:

“B3ps, s4i!a M’s!H CH4!Y4nK K’mU.. LuV U Mu4Ch…HhHhHhHh

ya Tuhan... tulisannya bo... (saiia, masii, saiank, kmu.) buset! --" Nulis yang bener kenapa sih? Toh jarinya masih pada utuh semua, kan? *sigh*
gue sempet nyeletuk hehe terus sepupu gue nggak suka pacar nya di gituin bales lagi dia nyeletuk
“yang bisa baca berarti masih ABG.
yang kagak bisa baca berarti masih bangkotan! (::ngakak2::sambil nguling-nguling dech )”

btw, benci banget sama sms kayak gitu. kalo pacar gue nekat nyingkat2 sms-nya, pasti gue bales dengan, "sok muda! mau gue kena stroke atau nyuruh gue mati mendadak, bikin mata gue sakit aja!"

Bener kata sebuah Blog yang pernah gue baca, bahwa bahasa SMS yang disingkat-singkat dengan absurd itu adalah salah satu bahasa paling berbahaya sepanjang sejarah umat manusia. Sms-sms semacam ini bisa membuat si pembaca menahan napas, berpikir keras, dan membuat syak wasangka karena harus menebak setiap kata yang di tulis. Nyusahin kan akhirnya???

Talkshow bersama Ian Sancin penulis Yin Galema di FM 101,1 Sonora bangka.



hari ini tepatnya 22 november 2009 akan dilakukan bedah buku Yin Galema, salah satu buku karya putra terbaik Bangka Belitung. semoga buku ini juga menyusul kesuksesan trilogi laskar pelangi yang sempat menghebohkan sebelumnya yang juga merupakan karya terbaik putra bangka belitung Andrea Hirata.

Ian sancin penulis Novel Yin Galema akan bedah buku di Toko Buku Gramedia Pangkalpinang, sedangkan Talkshow akan di adakan di hari yang sama hari ini di Radio Sonora Bangka di FM 101,1.

launching buku Yin Galema ini sudah dilakukan di beberapa kota besar diantaranya Yaitu Bandung pada tanggal 7 November 2009, Jogjakarta 14 November 2009, Pangkalpinang 22 November 2009, dan selanjutnya akan dilaksanakan di Tanjungpandan dan Manggar pada tanggal 28 dan 29 November 2009, sedangkan di Palembang pada tanggal 5 dan 6 Desember 2009.

Bacaan sebuah novel terkadang akan membuka pengetahuan kearah lebih luas lagi seperti catatan sosial, sejarah budaya tradisi bahkan catatan sejarah maritim.

Masa lalu dari sejarah kita dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga di masa kini sebuah edukasi kemasa depan bahwa Yin Galema tokoh dalam sebuah novel yang di tulis Ian Sancin adalah sebuah hubungan kasih sayang antar eknis dimana karakter Yin Galema merupakan sosok unik yang tidak mungkin dimiliki oleh perempuan masa kini.

Novel Yin Galema adalah sebuah Sejarah Sosial atau lebih tepatnya Sejarah tradisi budaya Belitung pada masa abad ke 17 dimana pengaruh dari berbagai wilayah seputaran Belitung seperti Mataram, Johor, Tumasik Tiongkok ikut membentuk budaya setempat yang akhirnya kita tahu hasilnya sekarang bahawa di Belitung tidak terjadi gejolok antar eknis, Lalu bagaimana dengan Daerah-daerah lainya di Indonesia, Untuk itulah dalam Tema Cinta Dalam Ke Bhinekaan Indonesia dimana tema ini mewakili Bahwa Bangsa Indonesia yang besar ini lahir tidak dalam kesendirian melainkan berbagai suku dan eknis menyatu dalam kesatuan.

Ian Sancin, penulis yang juga putra daerah Belitong, mendedahkan kisah nan memikat dari pulau yang awam kita lafalkan “belitung” itu.

” Wajah Pulau Belitong di Abad XVII ”

Pulau Belitong, berabad-abad lampau, telah menjadi tujuan para pelayar dari berbagai penjuru dunia. Keharuman kayu gaharu menjadi daya pikat pulau tersebut.

Kaisar Ch’ing, penguasa Kerajaan Tiongkok, memerintahkan Panglima Gu Shu berlayar untuk mencari kayu gaharu. Sejatinya, pelayaran itu merupakan cara sang kaisar menghukum Gu Shu atas perselingkuhannya dengan salah satu selir kaisar. Perselingkuhan itu telah menyebabkan selir kaisar dihukum mati.

Beruntung, kaisar tak mengetahui bahwa perselingkuhan itu telah menghasilkan seorang putri yang selama ini diakui kaisar sebagai anaknya, yakni Yin Galema.

Panglima terbaik yang dimiliki Kerajaan Tiongkok tersebut tetap melakukan perintah Kaisar Ch’ing. Ia membekali diri dengan catatan perjalanan yang dibuat oleh pasukan ekspedisi Kubilai Khan di bawah pimpinan Jenderal Kau Hsing dan Shi Pi di tahun 1293 serta peta bikinan ekspedisi Cheng Ho di tahun 1413.

Kedua ekspedisi itu pernah singgah di salah satu bagian dari sebuah pulau yang menjadi pusat kayu gaharu. Panglima Gu Shu menyertakan Yin Galema dalam pelayaran berbahaya itu karena ia tak mau anak kandungnya kelak diketahui sebagai anak haram.

Kapal Panglima Gu Shu akhirnya menemukan daerah tempat berkumpulnya kayu gaharu; sebuah tempat bernama Balok. Ekspedisi tersebut disambut dengan ramah oleh Raja Balok Cakraningrat I (biasa dipanggil Ramonda).

Singkat cerita, Panglima Gu Shu akhirnya tewas ketika membantu pasukan Kerajaan Balok dalam pelayaran menyerahkan upeti kepada Kerajaan Mataram.

Yin Galema kemudian menjalani hari-harinya sebagai anggota keluarga Kerajaan Balok. Yin hidup dalam bimbingan Ronggo Udo, mantan penguasa Balok sebelum Ramonda.

Ian Sancin dengan cukup lincah mendedahkan sejarah dan budaya yang telah tumbuh ratusan tahun di Pulau Belitong. Ia menunjukkan adat istiadat masyarakat Belitong dalam hubungan pernikahan ketika bercerita tentang percintaan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh dalam novel ini.

Ian pun menggelorakan kembali khasanah pantun yang menjadi salah satu urat nadi budaya Melayu.
Novel ini merupakan penghiburan yang langka di tengah dunia sastra Indonesia.

Ian masih setia menjadikan karya sastra sebagai penghubung antargenerasi. Pulau Belitong di abad XVII yang menjadi latar novel ini adalah fakta yang dengan apik dibungkus kisah seorang perempuan Tiongkok.

Melalui novel setebal 589 halaman ini, Ian Sancin berhasil mengangkat aroma sejarah yang kini telah dilupakan bangsa Indonesia, yakni sejarah maritim.

Kompleksitas cerita yang tertuang dalam karya Ian Sancin ini memang bisa menjawab kerinduan pembaca sastra Indonesia.

Friday, 20 November 2009

tetep happy meski putus cinta

Selalu menangis saat mendengarkan musik-musik melankolis, terlihat murung dan mengurung diri selama berbulan-bulan, melahap berton-ton coklat, menjadi seorang pertapa, meratapi nasib dan menghakimi diri sendiri untuk tidak akan pernah menemukan cinta lagi.

Padahal, setidaknya bagi sebagian orang, putus cinta seumpama mencabut perban dari luka yang efek sakitnya hanya sesaat. Bahkan tak lebih membuat menderita dari pada sakit perut selama sebulan penuh. Putus cinta terasa begitu berat ketika kebanyakan orang terlalu melebih-lebihkan dan menanggapinya dengan tidak tepat.

Memang bukan sebuah hal yang membanggakan dan membahagiakan bila putus hubungan, namun meratapinya juga bukan hal yang tepat dan pastinya sangat mengganggu kinerja sehari-hari.

Sebuah penelitian menyebutkan rata-rata seseorang mulai bisa memperbaiki mood untuk kembali memulai hubungan setelah tiga bulan.

Namun, diantara mereka ada juga yang membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan. Seberapa dalam kita mencintai seseorang tersebut menjadi faktor penentu berapa lama kita bisa melupakan dan menjalin hubungan baru.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan sebenarnya betapa banyak potensi yang kita miliki untuk kembali bangkit. Hanya saja kesedihan yang berlebihan itu yang menghambatnya. Ketika hal-hal buruk terjadi, masa depan tidak sesuram seperti yang kita pikirkan.

Hal yang terpenting, jangan menyalahkan diri kita bila hubungan itu berakhir. Mulailah untuk fokus pada hal-hal yang membangun semangat kita. Jalani hidup dengan normal. Putus hubungan bukan merupakan akhir dari hidup kita. Anda tetap bisa berbahagia dan lebih menikmati hidup.

Thursday, 19 November 2009

sahabat jadi cinta...bisa nggak ya???

Pernah nggak sich loe suka sama temen sendiri, saking seringnya kita ketemu, intensitas berdua lebih banyak dibandingkan rame-rame sama temen lainnya sehingga menimbulkan benih-benih cinta gitu. Mungkin sebagian dari kita banyak yang ngalamin, ada yang berakhir bahagia, ada juga yang berakhir dengan putusnya tali persahabatan. Mungkin sebagian dari kita ada yang berusaha untuk membuat persahabatan bisa menjadi hubungan percintaan, tapi banyak juga loh yang memutuskan untuk memendam perasaan cintanya karena takut persahabatan jadi rusak.

Gue inget salah satu bait dari lagunya Zigaz “sahabat jadi cinta” begini nih liriknya

Tak bisa hatiku merapikan cinta
Karena cinta tersirat bukan tersurat
Meski bibirku terus berkata tidak
Mataku terus pancarkan sinarnya

Kudapati diri makin tersesat
Saat kita bersama
Desah nafas yang tak bisa teruskan
Persahabatan berubah jadi cinta


Gue dulu waktu kuliah pernah ngalamin, berawal dari persahabatan, saking deketnya kita sehingga gue ngerasa bener-benar sayang sama dia. Tapi waktu itu nggak bisa ngungkapin perasaan karena gue pernah sesumbar nggak mungkin dan nggak akan pernah temen di jadiin pacar. Nah sesumbar itu menjadi boomerang buat gue. Gue ngerasa temen gue ini juga memiliki perasaan yang sama, tapi karena takut persahabatan jadi rusak karena perasaan terlarang ini gue mutusin untuk memendam saja rasa cinta gue.

Dan kejadin ini pun berlanjut setelah 5 tahun berlalu, di suatu kesempatan gue bertemu lagi dengan temen gue ini. Kita mulai sambung kembali komunikasi yang sempet terputus. Seringnya komunikasi membuat hubungan dekat lagi. Akhirnya kita berdua berhasil membuka kembali lembaran lama dengan mengatakan tentang perasaan-perasaan yang sempat terpendam dulu, dan hasilnya memang sama, dia nggak berani bilang ke gue, juga karena takut hubungan persahabatan jadi rusak. Akhirnya kita mencoba untuk memulai dari temen berubah status jadi pacar, tapi emang nggak bisa diterusin, akhirnya hubungan putus ditengah jalan dan memang benar-benar kejadian hubungan persahabatan pun jadi renggang sampe sekarang.

Dan sepertinya ini terjadi juga sama sepupu gue yang masih duduk di bangku SMA, ceritanya dari SMP dia punya temen cowok yang sangat deket, perhatian dan sayang sama dia, mereka dua-duanya sama-sama suka, tapi karena satu hal yaitu “takut persahabatan rusak” alhasil sampe sekarang meraka tetep memendam perasaan cinta itu dengan berteman makin akrab. Kemana-mana berdua. Tapi yang nggak gue setuju dari hubungan meraka ini, dari si cowok dia nggak suka kalo sepupu gue punya pacar atau ada yang ngedeketin, sementara dia bebas ngedeketin cewek lain. Nah, ini curang kan???

ini terlihat jelas banget semalem ketika gue nemenin sepupu gue nonton lomba nyanyi di tamansari, si cowok sibuk ngambilin gambar si adek kelas yang juga disinyalir punya persaan cinta ke si cowok. kebetulan si adek kelas ini yg ngikut lomba nyanyi. gue liat mata sepupu gue berkaca-kaca karena cemburu, apalagi si adek kelas ini pas banget nyanyiin lagunya geisha "jika cinta dia"
yang liriknya kayak gini

"jika cinta dia jujurlah padaku
tinggalkan aku disini tanpa senyuman mu
jika cinta dia
ku coba mengerti
mungkin kau bukan cinta sejati dihidupku....


prihatin nih liat sepupu gue, karena sayang banget sama dia, jadi nggak rela kalo dia tersakiti, tapi mau gimana lagi, namanya juga cinta....
yah....menurut temen-temen gimana nih???

stupid ....

Selain tape recorder ada dua hal lagi yang seharusnya nggak lepas dari seorang jurnalis. Hari ini gue melakukan hal yang bodoh banget. Stupid….. gue turun ke lapangan nggak bawa handphone dan kamera. pagi-pagi ada yang nelpon mbak vera ke bagian redaksi. Orang itu bilang kalo sekarang di Bandara depati amir Bangka sedang dilakukan latihan simulasi penanggulangan gawat darurat untuk korban kebakaran pesawat terbang. Nah…karena hari ini gue yang kebagian tugas untuk reportase, turunlah gue dengan pertanyaan-pertanyaan keprihatinan didalm hati gue, bingung ntar nya gimana.

Udah setengah perjalanan, gue baru inget kalo handphone gue ketinggalan di studio. Ah….gue piker nggak penting-penting banget lah, lagian gue juga bawa HP khusus liputan yang tanpa kamera. Sesampainya di bandara, pastinya celingak-celinguk orang-orang ini latihan nya dimana, gue Tanya 2 orang polentas yang kebetulan salah satunya adalah temen kecil gue. Mereka bilang latihan baru akan dimulai dan gue bisa bertanya ke ujung bandara sana tempat orang2 berkumpul.

Dengan pede nya (sebenernya nggak pede sih tapi di pede-pedein) lagian yang gue liat dari sekian banyak orang di situ yang cewek baru keliatan gue doang. Bertanya-tanyalah gue sama orang-orang yang ada di situ… Tanya orang ke 1, bilang Tanya aja sama orang yang kedua, Tanya ke orang yang kedua disuruh nanya lagi ke orang yang ketiga. Bingung, Akhirnya tanpa putus asa, gue bertanya ke penjaga pintu masuk, disana banyak sekali polisi, TNI, ABRI, mahasiswa, dinas kebakaran, PMI pihak rumah sakit dan pihak PT. Angkasa Pura II sendiri.

Ternyata izin untuk masuk ke tempat berlangsungnya latihan sulit juga gue dapetin, gue musti nunggu beberapa menit lagi baru dapet izin, soalnya gue nggak punya undangan buat masuk ke acara tersebut. Akhirnya ada seorang bapak dari pihak bandara ngizinin gue masuk. Gue disuruh numpang di mobil milik bandara untuk menuju TKP. Tapi sempet nunggu kira-kira satu jam untuk menuju ke tempat tersebut, soalnya nunggu pesawat sriwijaya airlines yang mau boarding.

Didalam mobil nggak sembarangan orang didalemnya, ada bapak-bapak yang kelihatannya puny a posisi penting di bandara tersebut. Juga ada beberapa orang abang ganteng berpenampilan mirip detektif berperawakan tinggi besar, tegap dan berpenanmpilan macho dengan kaca mata hitam mirip bodyguard artis2 gitu (hehe lebay. Tapi suer ganteng kok). Didalam mobil gue bingung, sementara temen-temen wartawan lain dari media lain berada di bagian belakang. setengah jam nunggu di mobil tanpa kejelasan bikin gue puyeng mau muntah.

Akhirnya dari pihak bandara ngasih tau supaya rekan-rekan dari pers pindah ke mobil ambulance untuk menuju TKP. Yah gue ngikut aja, itung-itung ini pengalaman baru, pertama kali naek mobil ambulance alias mobil mayat, heheh.

Ternyata kegiatan udah dimulai, pesawat yang di jadiin bahan percobaan udah mulai di bakar, tampak asap hitam mengepul di udara, mobil-mobil pemadam kebakaran, ambulance dan mobil patroli beradu membunyikan sirine meraka. Orang-orang mulai panic, dan disini masing-masing tim dari kepolisian, PMI, rumah sakit, tagana, dan para mahasiswa yang menjadi peran penting dalam scenario ini mulai memainkan peran mereka.
Yang pertama mobil pemadam kebakaran mulai berusaha memadamkan api di susul dengan tim dari tagana, PMI dan juga para mahasiswa yang berpura-pura menjadi penumpang pesawat. Tapi yang gue salut semua memainkan peran dengan baiknya. Seperti benar-benar terjadi ada yang sempet nangis teriak2 histeris gitu ada yg patah kaki, luka juga ada korban yang meninggal, trus juga ada keluarga korban yang berteriak histeris wahhhh seru banget dech pokonya. Dan uhhhh………… sialnya gue nggak bawa kamera sehingga nggak bisa mengabadikan moment ini. Gue celingak-celinguk bingung mau melakukan apa, Cuma bisa merekam detil demi detil kejadian tersebut di otak gue, huhhhh lagi-lagi gue melakukan hal yang bodoh..

Wednesday, 18 November 2009

aku dan masa kecilku...dulu

Ujan-ujan gini selain tidur dan makan apalagi yang enak yah????

Ngelamun, menerawang, ke masa yang akan datang atau sekedar mereview ulang kenangan-kenangan yang sudah lewat. Yahh…ini yang gue suka.
kali ini gue kembali ke ingatan 18 tahun silam.

Di sudut ruang redaksi, didepan monitor berukuran 14 inchi sambil memandang sisa gerimis yang masih belum rela melepaskan titik terakhir dari anugrah-NYA untuk bumi yang kini membasah. gue mencoba mengingat-ingat kembali masa kecil gue. Gue dan adik laki-laki gue satu-satunya yang sangat gue sayangi.

Umur kita nggak beda jauh Cuma berjarak 1 tahun, ketika gue berumur 17 bulan, gue udah punya seorang adik. Gue juga lahir nggak pas 9 bulan 10 hari seperti orang-orang kebanyakan. Nyokap gue bilang gue lahir waktu nyokap hamil 8 bulan, itu juga karena nyokap ditabrak seorang bocah yang berlari-lari mengejar layangan.

Masa kecil gue dan adik gue dihabiskan dikota ini, karena hanya 2 bersaudara sehari-harinya kita habisin hanya dengan bermain dan berkelahi heheh. …, gue inget waktu kecil kita sering dibeliin nyokap baju yang sama, topi yang sama dan sepatu yang sama. Baju yang paling gue inget dulunya yang sering gue pake adalah baju dengan tulisan ACI (aku cinta Indonesia) karena sampe sekarang masih ada poto kita berdua memakai baju itu.

Dengan memakai motor CB setiap malem minggu kita sekeluarga sering ke bioskop, dan yang gue inget dulunya film yang di tonton pastilah film india. Gue paling suka kalo diajak nonton, disana gue bisa jajan sepuas gue,biasanya gue sama adik gue paling demen beli permen bertepung sama susu ultra…heheheh….jadul banget. Dan yang paling gue inget sebelum pemutaran film biasanya di bioskop selalu diputerin lagu dancing Queen nya ABBA. Makanya kalo pas dengerin lagu ini selalu gue inget Bioskop Maras yang saat ini udah jadi kenangan, karena dibongkar dan di jadiin pusat perbelanjaan.

sejak kecil kita berdua memiliki banyak teman yang sebaya, setiap hari waktu yang dihabisin hanya untuk bermain dan jarang sekali tidur siang. Gue inget dulunya kalo kita sering main kelereng, main layangan, main boneka, main congklak, main ular tangga, main petak umpet sampe bikin pondok-pondokan. Tapi yang paling gue inget waktu kecil gue dan temen-temen gue palig sering main sekolah-sekolahan, dan yang jadi guru adalah kakak temen gue yang biasa kami pangil yuk ita, setiap hari dia ajarin kami baca, nulis, sampe bikin kerajinan. Alhasil belum masuk sekolah gue, adik dan temen-temen gue udah lancer baca tulis.

di belakang rumah gue yang lama ada sepetak kebun yang ditanami banyak pohon buah, ada durian, jambu, rambutan, kelapa, salak dan buah-buahan hutan lainnya. dulunya…. Waktu kecil gue dan temen-temen gue sering manjat pohon buah Buni sambil baca buku atau sekedar bercanda-canda diatasnya. Disitu juga ada sepetak sawah yang ditumbuhin enceng gondok dan tanaman padi. Kami sering bermain disitu, main petak umpet sambil nyebur ke sungai kalo sudah kelelahan. Tapi sekarang, kebun itu tinggal kenangan, karena sudah dibeli oleh developer yang membangun perumahan elit.

Gue merindukan kembali masa kecil itu, masa tanpa beban, masa yang hanya dihiasai dengan tawa, canda dan tangisan khas anak kecil. Gue juga merindukan temen-temen kecil gue, yang saat sekarang entah dimana keberadaan mereka. Yah …dimanapun mereka berada gue berharap sekali semua kenangan indah itu tidak pernah terhapus dari ingatan.

Tuesday, 17 November 2009

masih kecil, udah bisa....

bingung mau nulis apa, tapi beberapa menit yang lalu ada pemandangan yang mengganggu pikiran gue. sebelum nulis postingan ini, gue nggak sempet milihan judul buat postingan ini, jadi asal judul aja,bingung soalnya.

Gue heran…lagi-lagi pikiran gue tertuju ke dua bocah…naek motor. Tadi pulang kerja gue biasa lewatin jalan yang sama untuk menuju rumah. Di jalan gue berpas-pasan dengan segerombolan bocah yang belum bias dibilang abg, dari postur tubuhnya keliatan tuh anak paling-paling baru kelas 1 smp. 6 orang bocah ini berpasang-pasangan cowok cewek naek motor beriring-iringan .

Gue memperlambat laju kendaraan gue, karena terhalang oleh kendaraan bocah-bocah ini yang bias dibilang udah memborong badan jalan. Gue terus bunyiin klakson tapi nggak ada juga yang nyoba merapat. Dongkol dan juga kesel tentunya, gue coba bersabar dan memperlambat laju kendaraan gue dan sama sekali tidak berniat untuk memotong jalan mereka.

Nah disitu gue liat pemdangan yang bikin gue ketawa miris, nih bocah naek motornya mesra banget sama pasangannya. Yang dibonceng melukin yang memboncengi dengan eratnya, sampe bisa untuk satu orang lagi di jok bagian belakang, Dan semuanya begitu. Gue curiga, nih anak pasti pacaran dengan modus pergi les atau kerja kelompok, soalnya semuanya pada bawa tas dan buku2 gitu. Tapi mereka kan masih bocah banget piker gue, penampilannya aja masih tenguk bin tengil banget. Tapi gayanya udah kayak orang dewasa aja.

Ckckck…anak sekarang kok kayak gini ya?? Pemandangan yang sama juga sering gue jumpai di komplek taman bunga, di stadion juga di jembatan 12. Terlalu dini untuk mengenal cinta. Atau gue nya yang nggak ngeh dengan perubahan.

Hal yang sama juga gue jumpai di facebook gue, ada ABG yang nge add gue, karena gue liat dia juga penyiar radio di salah satu radio amatir di kota gue, jadi gue konfirmasi juga. Tapi lama-lama nih anak, bikin gue ilfeel, awalnya gue sempet suka ngomentarin statusnya. Tapi lama-kelamaan statusnya suka aneh-aneh dan menurut gue nggak pantes aja anak seusia dia bikin status demikian di facebook.

Lama-lama gue keganggu dengan status2 anak ini yang setiap 5 menit sekali update status di facebooknya. Setiap gue buka facebook gue, pasti ada statusnya dia yang nyeleneh. Diusia dia yang sekarang ini nggak seharusnya dia bikin status seperti contohnya “ gue lagi ngidam”, “pengen dikelonin malam ini”, “kebelet mau kawin” dan lain-lainnya yang nggak etis aja dibikin di facebook.

Gue sempet mikir, nih anak kapan belajarnya ya????

Monday, 16 November 2009

kosong...

Sepertinya memang benar apa yang mereka terka. Walau kini aku selalu bisa terlelap sebelum tengah malam, begitu menikmati kesendirian tanpa balon-balonan, menikmati kesepian tanpa sederet list lagu bertempo lambat berlirik melankolis dan tidak lagi tertarik menghabiskan waktu seharian penuh untuk keluar masuk studio-studio berlayar lebar. Tapi nyatanya aku memang sedang tidak bahagia.

Bagiku itu masalah besar yang merusak, entah itu syaraf tertawa, patri idealisme, pola tingkah laku atau struktur berpikirku. Karena, aku, dulu, ribuan hari sebelum aku di hari ini, adalah aku manusia yang tak kenal sepi, tak pernah mengeluh, tak punya tatapan kosong atau lamunan panjang yang sia-sia seperti sekarang. Ini terlalu berbeda, terlalu berubah, namun terlalu kusembunyikan. Bahkan kini aku lupa bagaimana cara menyederhanakan kehidupan.

Aku bersyukur telah memiliki segala yang terbaik disekelilingku, aku senang tapi nyata aku memang sedang tidak bahagia.
Aku menyadari hal itu barusan. Sesaat setelah mengucap doa yang tidak sadar akhir-akhir ini jadi sering kupanjatkan.

Sempat juga beberapa kali aku dan khayalan isi konyol kepala minta Tuhan kirimkan sepasukan alien turun ke bumi dan membawaku pergi jauh dari sini. Ketempat manapun diluar angkasa sana. Walau itu tanpa jaminan akan kemungkinan tidak terjadi hal serupa seperti disini, hal-hal buruk yang membuatku jadi sering merasa tidak bahagia. Tapi setidaknya, aku kembali punya harapan yang dibumi rasanya tak lagi ada. Rasanya ingin sekali itu benar-benar terjadi.

dan Sekarang, pertemuan tanpa takdir ini, nampaknya begitu banyak yang melewati garis dimana ku berdiri, dan begitu percayanya aku dengan masa yang sekarang, begitu menjanjikan. Walau akan selalu ada yang lebih baik, yang lebih tepat. Bisakah dia tetap tinggal? Dengan segala kekurangan yang sekarang. Dengan rasa takut untuk kehilangan dan tidak pernah ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini, tapi bisakah dia menetap? Untuk tinggal lebih lama dari waktu yang seharusnya.

Ya … aku sadar dan aku tau, lari dari masalah adalah hina. Tapi kan aku hanya ingin ada seseorang membawaku pergi, bukan minta cepat dicabut nyawa atau hendak bunuh diri.

Sunday, 15 November 2009

pengen ngomongin cinta...

hari ini, bingung mau nulis apa, kepala ku kosong. Masalah demi masalah gak ada penyelesaian dan muncul lagi permasalahan yang baru. Tapi disini aku nggak mau ngeluh lagi, Cuma mau berbagi hmm…berbagi tentang apa yah…??? Lagi-lagi otak ku lama loadingnya, oyah… tentang cinta. Udah lama banget aku nggak ngomongin cinta, bahkan udah lupa gimana rasanya jatuh cinta.

CINTA, gak akan habis untuk dibahas.

Benci dan cinta mempunyai akar yang sama yaitu, kepedulian
Untuk bisa membenci seseorang kita harus peduli padanya
Kita harus peduli pada perbuatannya
Cukup peduli untuk membencinya

Benci tidak pernah menjadi lawan dari cinta
Lawan dari cinta adalah antipati.

Kalau kamu ditanya.
“apa warna cinta?” jawabanmu apa? Merah, pink, kuning, atau biru muda?
Hmm…kalau menurut ku, cinta itu warnanya putih..
Putih??
Putih ya putih saja
Diatas putih warna, warna seperti apapun...sehalus dan sesamar apapun, pasti akan tampak dengan jelas.

Semburat pink yang kadang nampak kadang tidak itu muncul ketika bertemu dengan orang yang dicintai.

Garis keunguan itu adalah rasa rindu dan kesepian.
Yang merah sekali itu saat sedang bertengkar karena cemburu.
Yang kuning berpendar di pojok itu berisi tawa dan senyumnya.
Sedangkan yang biru-biru dan agak susah hilangnya ini ditinggalkan oleh air mata saat berpisah.

Kadang yang terakhir ini butuh waktu lama sekali untuk luntur.
Tapi suatu hari nanti pasti akan ada warna lain yang menyaputnya.
Nah, bukankah cinta itu seperti ini?
Penuh emosi.

Marah, senang, sedih dan bahagia, kadang tidak jelas mana diatas mana
Dan, betapapun kerasnya usaha untuk menyembunyikan perasaan itu...
--- karena cinta warnanya putih, pasti akan kelihatan juga---

(from the story sono toki, heart wa nasumareta” [that time, when my heart got stolen]

itulah cinta...kadang kita mengagungkan cinta, bahkan tak sedikit pula yang membenci cinta...cinta bisa membuat orang menghalalkan segala cara untuk meraihnya. tapi jika kita kembali merenung arti cinta yang hakiki, maka disitulah kita akan menemukan kedamaian dan kebahagiaan.

bukannya sok tau sich...aku juga lagi mencari-cari makna cinta itu, mencari-cari cinta yang hakiki agar bisa bahagia.yah...semoga!

Saturday, 14 November 2009

ini sulit bagiku.

Hari ini…lagi-lagi aku merasakan seluruh dunia seakan bersekongkokol untuk menyudutkan aku. Ini hari terburuk dari hari-hari sebelumnya, bahkan lebih buruk ketika harus merelakan kekasih bersama dengan wanita lain. Pernahkah merasakan ingin menangis, tapi tidak bisa mengeluarkan air mata…nah itu aku, aku merasakannya hari ini, aku lelah, lelah menumpuk air mata yang tidak bisa tumpah .

Ini cobaan atau tantangan aku tak lagi bisa membedakan…mataku sudah kabur oleh kaca-kaca yang menahan air yang ingin tumpah.
kecewa, marah dan benci campur aduk jadi satu. Rasanya ingin berlari…dan sembunyi menghilang untuk sementara, aku butuh tempat untuk mereduksi segala kepenatan. tapi apa yang harus aku lakukan jika tempat persembunyian pun terasa menyesakkan.

Berkali-kali aku mencoba ikhlas menerima dan berharap setiap hari bisa bersemangat menjalani serangkaian tuntutan yang harus aku lakukan. Tapi tetap saja batin ini menolak, dan membuat semangat ku memudar. Dan nampaknya apa yang terjadi padaku saat ini begitu banyak melewati garis dimana aku berdiri.


Thursday, 12 November 2009

keluhan hari ini.

Capek juga ternyata muter-muter kota sambil muter otak apa yang musti gue jadiin bahan laporan untuk kantor hari ini. Dari kemaren paska diberitahukannya ada penambahan tugas di jadwal siaran gue, kepala gue tiba-tiba mumet. Bukannya ngerasa nggak mampu untuk mengemban tugas ini tapi terlebih ke factor takutnya gue kehilangan pekerjaan ini. satu tugas lagi yang harus gue jalanin selain siaran setiap hari, gue juga musti turun reportase ke lapangan. oke, gue menyukai pekerjaan ini dan ini merupakan tantangan dan hal baru buat gue. cuma yang gue takutin ketika tiba-tiba tugas gue beralih fungsi.

kemaren sore setelah masuknya sms ke hp gue waktu hujan, dengan kepala yang sedikit berat karena tidur nggak nyenyak semalam, gue musti bangun pagi jam 5 pagi langsung mandi dalam keadaan kedinginan ditambah hari mendung mau ujan. dalam keadaan setengah nggak ikhlas gue melangkah gontai dengan mencoba menyusupkan sedikit energi ke dalam tubuh gue dengan tetap membaca bismillah didalam hati dan terus berkata oke, gue bisa... gue pasti bisa...berulang-ulang.

sesampainya di kantor...tiba-tiba hujan turun, masih dengan semangat yang kadang hilang kadang muncul gue mencoba membangun kembali kepercayaan diri gue yang mulai menipis. dengan bertanya-tanya tentang banyak kemungkinan dengan senior-senior gue, ada sebagian yang membuat tenang dan sebagian juga membuat gue drop. dan intinya pagi ini gue ngedapetin sedikit pembekalan untuk memulai tugas ini.

sebenarnya jurnalistik bukan hal yang baru buat gue, kemaren 3 tahun kerja di bagian redaksi salah satu grup jawa pos, gue udah mendapatkan banyak ilmu disana, apalagi sekarang di bidang broadcasting gue juga udah punya sedikit pegangan. gue jadi bingung sama diri gue sendiri, selain butuh spirit apalagi sich tary yang loe rasain??? itu pertanyaan-pertanyaan yang melintas di benak gue. yah...2 hari belakangan ini gue merasakan hal-hal yang membuat kepercayaan diri gue menipis, rasa takut kehilangan, sehingga membuat gue ragu pada diri sendiri.

dengan berharap hujan nggak berhenti, akhirnya gue meyakinkan diri gue sendiri, ini harus gue hadapin, ini harus gue jalanin, dari komentar-komentar yang masuk ke blog gue, semuanya bilang ini harus di lewatin. yah, thanks temen-temen semuanya untuk spirit yang udah di kasih ke gue...ini udah cukup membangun kembali rasa percaya diri dalam diri gue.

dengan mengendarai sepeda motor gue yang menjadi teman setia gue selama ini (setianya melebihi mantan pacar gue) kenapa gue bilang gini, ini motor udah kurang lebih 2 tahun bersama gue, dan dia gak pernah rewel sama sekali (semoga aja nggak, kantong gue udah cekak). akhirnya berjalan lah gue muter-muter kota dengan harapan ada hal-hal yang gue temuin di jalan.

dari pembekalan yang gue dapetin dari senior gue pagi tadi, ide-ide yang gue sampein belom bisa diangkat buat dijadikan topik sekarang. tadinya rencana gue yang pengen ngeliput para pedagang hewan kurban berhubungan sebentar lagi lebaran idul adha. tapi pas gue baca surat kabar pagi ini ternyata disalah satu kolom tribun kota udah dimuat berita tentang hewan kurban yang permintaannya belum melonjak, jadi yah gue gak bisa jadiin ini sebuah pemberitaan karena udah basi dan nggak menarik.

akhirnya dengan banyak masukan-masukan dan pertimbangan tentang apa yang musti gue jadiin berita, tertujulah gue ke salah satu pasar pagi di kota gue. di pasar ini sekarang sedang dibangun TPS (tempat penampungan sementara) untuk para pedagang kaki lima, dengan percaya diri gue bertanya ke salah seorang bagian pelaksanaan proyek tersebut, tanya-tanya dikit, akhirnya si bapak mau juga di wawancara, syukurlah gue udah dapet 1 berita untuk hari ini.

melanjutkan kembali tugas gue kemaren mencari insert untuk program realitas, hari ini gue berniat untuk mencari target lagi. anak punk dan waria yang pengen gue wawancarain kemaren sampe sekarang belom bisa gue hubungin padahal deadlinenya jum'at besok jadi gue musti mencari target lain. muter-muter alun merdeka niatnya pengen nyari mas-mas yang jualan sop buah, nggak taunya nggak satupun mereka nongkrong disana, karena hujan mungkin. biasanya jumlahnya udah nggak kehitung saking banyaknya. diperjalanan didepan hotel sabrina gue ngeliat ada bapak-bapak yang keserempet motor waktu mau ke bank, cuma lecet dikit dan nggak sampe masuk UGD, ini gak bisa jadi pemberitaan. lanjut lagi gue menuju plaza ramayana, susanannya juga masih sepi nggak ada yang menarik, akhirnya dengan pasrah gue menuju ke pasar sentra pakaian bekas di samping plaza ramayana, pura-pura nanya harga jeans gitu, pas gue nawarin buat di wawancara eh pada ngabur semua kayak alergi aja ngeliat mic, aduhhh.... ini nih yang buat gue pusing.

dari sentra pakaian bekas, gue masuk ke salah satu warnet, tujuannya buat istirahat sich, sambil buka blog mulailah gue membuat postingan ini. dengan harapan apa yang ada di kepala gue tadi yang bikin gue mumet bin stress bisa sedikit ternetralisir. tapi lagi-lagi gue dipusingin sama salah seorang pengunjung warnet...nih orang rese banget udah gitu mobile banget orangnya.. nelpon mulu, bikin yang laen keganggu aja ama suaranya yang sok penting itu. ughhh....cepet-cepet gue terbitin postingan ini dan kaburrr............

Wednesday, 11 November 2009

pesan pendek yang mengusik

sore ini hujan, tak seperti hujan-hujan sebelumnya dimana gue bisa berjam-jam duduk hanya untuk nontonin hujan. sore ini kebiasaan gue itu terusik dengan sebuah pesan pendek yang masuk ke hp gue. otak gue terkontaminasi dan pikiran gue terusik dengan kalimat-kalimat didalamnya.yah,sms itu dari manager gue yang ngasih tau kalo besok tugas baru udah menanti gue,padahal tugas yg lama masih belom kelar gue kerjakan dan deadline sudah didepan mata. gue gak tau lagi, ini sebuah tantangan atau sebuah cobaan.

butuh asupan spirit

kenapa eh..kenapa beberapa hari ini semangat gue naik turun kayak rolerrcoaster. mood gue masih rusak parah, bete dan bosan terus melanda gue setiap harinya. kerjaan gue setiap hari semakin banyak tantangan yang musti gue lewatin, satu tugas belum juga kelar, eh tugas yang lain ngentri dibelakang untuk diselesaikan, dan satu kata yang jadi musuh gue sekarang "DEADLINE"

males-males dan males selalu menuhin otak gue. emang gak ada kejadian lain gitu di idupmu tary ? selain ngeluh dan ngeluh...
gue butuh asupan spirit nih, sampe gue ngerayu-ngerayu nyokap biar terus ngasih spirit dan semangat buat gue setiap harinya, selain nyokap siapa lagi yang bisa gue mintai tolong, coz cuma dia yang ngerti gue. dan satu lagi, kayaknya motto hidup salah satu sahabat gue boleh juga gue terapin dalam hidup gue "STRUggle for SurVIVE" motto hidup doski keren banget. tapi apa gue bisa, kalo setiap harinya dari bangun tidur sampe waktu tidur lagi gue selalu bilang aduhh kok gini yah?, aduhh kenapa yah?? aduhh bisa nggak yah??? dan lain-lainnya dengan awalan aduhhh...

sebenernya ada cara pemecahan yang paling sempurna untuk keadaan seperti ini. yupz.. menghilang! skenario komplitnya udah tersusun di otak gue, udah nentuin dimana tempatnya. tapi tetep aja sih, tau gak bakal pernah bisa melakukannya, bahaya euy kalau ngerepotin orang buat nyari-nyari dimana gue, apalagi sampe orang tua ngelibatin orang pinter, aparat atau densus 88 misalnya (hehe...yang ini gak mungkin ding).

mmm… bisa melenyapkan diri kayaknya asik juga ya, ...bisa muncul lagi kapanpun kita mau...ato ada pintu ajaibnya dora emon, gue bisa bisa masuk ke masa lalu juga masa yang akan datang, hmmm...khayalan anak esde.

sebenernya sih yang paling nikmat saat saat begini tereak-tereak sampe suara abis, tapi mo gimana.. lagi di kantor, gak tega ama tetangga kanan-kiri yang lagi on air, jadi ya cuman bisa nulis sesuka hati tanpa mikir. lagian gak ada yang bakal keganggu dengan gue nulis di blog gue sendiri.

Tuesday, 10 November 2009

ternyata dia anak PUNK!

hufff..........belom kelar juga gue nyari bahan buat insert program realitas. tapi gue udah nemuin waria nya. berkat tante gue, akhirnya gue nemuin juga target nya. gue inget di tempat tinggal gue yang lama ada waria namanya hendra a.k.a heni, kenapa ya gue sempet ngelupain dia...padahal dulu pas sepupu gue wisudaan dia yang dandanin. kira-kira dia mau gak yah di wawancara...gue musti buat trik nih biar dia mau cerita tentang pengalaman selama jadi waria.

tapi disini, gue bukan mau cerita tentang si hendra a.k.a heni, karena belom ketemu sama orangnya, jadi cerita ini to be continued. ceritanya berawal dari semalam.
sejak semalam gue berpikir keras mencari solusi [baca:pelarian] atas penat, bosan, galaw, dan penat, dan bosan, dan galaw . Hasilnya nihil .
setelah 2 malam kemarin gue tidur dengan kualitas yang buruk dan sangat memperihatinkan, ehh tadi malem malah gak tidur sama sekali. Malah tambah puyeng.

Dan sukses lah gue [si pemalas] menyusun menu malas pagi tadi.


pokoknya malas


malas

malas

malas

mood gue masih rusak paraaaahh

tapiii.... setelah berusaha mati-matian membantai malas-malasan gue, tadi pagi gue sengaja jalan kaki sendiri ditengah pagi yang mendung dalam cuaca yang gak bersahabat., agak jauh dari rumah, dengan harapan, siapa tau bisa ketemu mood bagus ditengah jalan [atau dipinggir jalanpun bolehlah, whatever],

akhirnya dalam gerimis yang lumayan bikin basah gue cabut ke salah satu warnet temen gue, tujuannya mau ngambil flashdisk. sampe di warnet, yah lumayan basahlah, bingung mau ngapain, akhirnya gue milih buat chatting. gak seperti chating-chating gue yang sebelumnya, kali ini gue kenal seorang cowok asal pulau Bangka juga, dan menetap di pangkalpinang sekarang, berarti deket donk satu kota gitu. asyik sih ngobrol sama dia, cuma agak sedikit nyolot dianya.

Namanya Diaz, katanya suka musik yang kenceng-kenceng (sempet bingung, musik yang kenceng2 yang kayak gimananya) hardcore maksudnya. usut punya usut...eh ternyata nih cowok seorang punkers. apa sih punkers (sejenis hewan mamalia yang mana?) karena gue termasuk yang kuno jadi belom akrab aja apa itu istilah punkers (pura-pura bego *mode on) yang pake rambut mohawk atau gaya spike, itu kata temen gue. terus yang suka pake jacket kulit sama boots, itu juga kata temen gue, banyak tindikan dan juga tato, itu kata temen gue lagi.gak tau ah...belom pernah liat.

sempet mikir juga sih punkers=anak punk=anak jalanan=preman=suka malak (maaf banget sebelumnya yah, buat kamu-kamu yang ngakunya anak punk, sorry banget, ini cuma persepsi selintas di benak gue waktu chatting sama orang ini). kenapa gue mikir gitu? karena nih, dulunya di terminal deket rumah gue yang lama, yang suka makek rambut gaya mohawk cuma bang ma'ut, yah kerjanya memang suka malak dengan modus ngamen, namanya juga maut, jadi orang-orang rada takut juga kalo ngedeketin.

nah, percakapan pun berlanjut...dari mulai nanya asal-usul nongol di bumi, tgl lahir, alamat rumah, alumni mana, n sekarang kerjanya apa aja gue jadi penasaran, orangnya kayak apa, terus gue minta kasih liat cam nya. gue kaget...yah...ternyata gak pake gaya mohawk, malah plontos tuh kepalanya. heheh...ada-ada aja. kesimpulannya sekarang, gue mau ngedeketin dia...barangkali bisa diambil suaranya buat program realitas di radio gue. hehehh...mau gak yah??

Monday, 9 November 2009

gue cari waria kemana????

hari ini padat banget kerjaan gue, dari kemaren wara-wiri bawa warrant nyari target buat acara realitas, udah dapet satu, itupun belum kelar gue edit, dapet tantangan baru lagi...nyari insert buat acara realitas lagi, dan kali ini gue mesti nyari sumber yang beda dari yang kemaren-kemaren. kalo kemaren gue ngorek-ngorek tentang kehidupan masyarakat kecil semisal buruh bangunan, pemulung dan pedagang kaki lima, nah sekarang gue ditugasin nyari yang belom pernah ada. gue ditugasin nyari insert dan ngambil suara PSK, pengemis ato waria. wahhh.....bingung sumbernya susah di deketin.

untuk PSK, gue musti nyari kemana?? takut gue ngedeketin lokalisasi, kalo pas sial ada razia, aduhhh jangan dunn...lagian gak ada link juga buat masuk ke komunitas yang gituan.hmmmm.........sambil nyari ide (bingung mode on)

yang kedua target gue nyari pengemis, bingung juga di tempat gue pengemis bisa itungan jari, jarang banget ditemuin, paling di depan plaza Ramayana, itu juga satu dua yang bisa ditemuin disana, and belom tentu juga mereka mau di wawancara....

nahh...target yang ketiga...gue musti ngejer si waria, bisa dibilang gue takut dan trauma sama banci, dulu jamannya masih kuliah gue pernah punya pengalaman buruk sama banci gara-gara nimpukin banci pake sandal. sebenernya ada sich kenalan waria yang sering lewat didepan rumah, tapi gak tau kenapa udah hampir dua bulanan ini dia udah jarang lewat depan rumah, (kabarnya lagi ke jakarta sedot lemak ato operasi kelamin gitu gak jelas sih gosipnya) kalo ada kan bisa langsung gue sergap...

ada beberapa alternatif yang bisa gue temuin, ini juga dapet informasi dari mbak vera senior gue, dia bilang kalo mo ngewawancara waria dateng aja ke sanggar 45, disana bisa nemuin mbak Endang (waria juga) katanya dia ketua perhimpunan waria di tempat gue. iya, gue inget dulu pernah nganterin sepupu gue latihan nari di sanggarnya dia, tapi... takut gue ngedeketinnya, seremmmmmmm.

ada juga sich kalo bisa ngedeketin waria-waria yang suka nongkrong malem-malem di alun-alun merdeka, cuma kalo sendiri gue jadi ragu ngedeketin, soalnya mereka lebih jutek dari cewek asli, ato gue musti bawa umpan brondong kali yahhh???? tapi siapa???????? gak bakalan ada yang mau.

wahh....bener-bener ngeblank nih...dulu sempet punya temen waktu SMA, dan dilihat dari gerak-geriknya nih sekarang dia jadi perempuan instant, bulan puasa kemaren sempet ketemu, lupa juga ngesave noHP nya. cuma gue masih ragu juga apa bener temen gue ini bener-bener jadi wanita jadi-jadian, soalnya kalo siang penampilan doi maskulin banget, pake kacamata kayak eksekutif cuma gayanya emang dikit kemayu... (bingung ini kategori waria pa bukan yah???)

gue musti berpikir keras dan usaha ekstra nih,,,nyari link biar bisa masuk ke lingkungan-lingkungan itu. sampe postingan ini diterbitkan mood gue masih rusak parah telungkup diatas meja komputer.....

Sunday, 8 November 2009

Semoga bisa survive di Radio...

wahhh....Alhamdulillah banget tugas nyari insert untuk program Realitas hari ini gak susah-susah banget gue kerjain, muter-muter kota bentar nyari target, eh...tertujulah gue ke seorang Bapak penjual ikan di pinggiran jalan sudirman, kenalan dulu bentar, trus minta izin di wawancara dan alhamdulillah si bapaknya mau bantuin diambil suaranya buat program radio. awalnya sempet pesimis, soalnya sebelum ketemu si Bapak, gue sempet mo ngewawancara mas-mas yang jualan sop buah, tapi mas nya gak mau alasannya karena suara nya jelek, heheheh aduhh si mas, cuma buat diambil suara nya aja kok, bukan untuk audisi idol. dan syukurlah hari ini bisa dapet satu bahan buat insert, gampang-gampang susah loh ngeyakinin orang untuk mau di wawancara, banyak diantara mereka yang bilang gak pede heheheh.... lucu.

kerja jadi penyiar radio, ternyata bikin happy tiap hari dengerin musik dan lagu-lagu yang kita suka, pa lagi gue siaran di Sonora, tiap hari bisa denger lagu-lagu favorit gue termasuk lagu-lagu oldies yang dulu waktu kecil sering gue dengerin. gue salah satu penikmat musik-musik oldies, gue inget jelas kapan mulai suka sama lagu-lagu oldies itu.

He…he…asyik juga menggali-gali lagi masa lalu, gue Cuma mau berbagi cerita perjalanan tentang how do I get here. Asal mula gue tertarik dengan musik. gue sudah cukup tergila-gila dengan musik sejak gue kecil banget. Dan karena itu gue makasih banget sama ayah ibu yang udah ngenalin gue sama musik. Dulunya setiap pagi ayah selalu nyetel musik dari tape deck tua kenang-kenangan ayah ibu waktu masih pacaran, mulai dari ABBA, Sketer Davis, Lobo sampai Panbers selalu diperdengarkan setiap hari dirumah gue.

gue juga inget betul perkenalan pertama gue dengan musik yang bener-bener gue suka, karena dari kecil gue selalu dicekokin orang tua gue dengan lagu-lagu oldies koleksi mereka seperti ABBA, The Everly Brothers, The Blue Diamonds, The Cascades, Jim Reeves dan lain-lainnya. akhirnya jadi cinta sama musik oldies sampe sekarang. selain itu juga Kumpulan lagu-lagu 80-an lainnya yg jadi favorit gue seperti rolling stone, duran-duran, steelhart dan masih banyak lagi. gue inget satu lagu yang sampe sekarang masih sering gue dengerin judulnya Michelle dari The Over Landers...gue seneng banget lagu itu.

Selera pun bergeser saat duduk di SMA, yang awalnya waktu SMP sempet suka sama Backstreet Boys, Boyzone sampe The Moffats jadi berubah total dan mulai melirik ke Bon Jovi.dan waktu SMA gue mulai dicekokin hard core sama Adik laki-laki gue, karena dirumah dia yang berkuasa sama peralatan elektronik, mulai dari radio, tape ampe VCD gue jadi hapal sehari-harinya dia denger Metallica, Megadeth sampe Nirvana, gue mulai demen yang kenceng-kenceng, dan gue tambahin terus koleksi kaset sampai akhirnya tamat Kuliah selera musik gue juga berubah-ubah, gue mulai denger Green Day, blink 182, RHCP dan lain-lainnya dan semua yang berbau hardcore, tapi tetep tidak meninggalkan lahu-lagu oldiess favorit gue.

hmm....Tuhan selalu baik, termasuk ketika gue diterima kerja jadi penyiar radio di sonora, seneng banget....setiap hari gak lepas-lepas dari yang namanya Musik. apalagi di sonora punya program musik-musik oldies dan memory song yang selalu ngingetin gue ke masa kecil dulu.

semoga dech...bisa terus survive di Radio, karena gue cinta banget sama pekerjaan ini.

Friday, 6 November 2009

master hipnotis,

lagi nonton master hipnotis Romi Rafael on the street.hebat yah, hipnotisnya jago banget, kalau gue punya kemampuan kayak doski nih, hal pertama yang gue lakukan, datengin rumah mantan trus bikin dia lupa sama pacarnya yang sekarang, hahahahaha... ini rencana terbusuk yang muncul di otak gue sekarang, gak jelas dech karena pengaruh apa, daripada gue timpuk pake batako biar amnesia, cara hipnotis kan lebih elegan he..he... (ketawa iblis) *ditulis daam keadaan bosan dengan tingkat sedang.

janji hati...

7 tahun sungguh terasa cepat bagiku,ternyata banyak sekali pengalaman dalam 7 tahun terakhir.dari yg membuatku tersenyum,merenung sampai menangis.hal-hal baru yg aku temui, teman-teman baru yg aku jumpai,kehilangan sosok orang yg terlalu dekat di hati. berkutat dengan buku dan komputer selama 200 jam, mendapatkan kejutan ulangtahun yg membuatku sampai menangis haru.dan akhirnya menemukan kembali semangat untuk meraih impian lama.yah, impianku untuk bertemu orang dari masa laluku.kali ini aku ingin mulai dengan sebuah janji pendek dalam hati, ingin bahagia dalam sebuah kesederhanaan.

Thursday, 5 November 2009

lagu KPK didadaku diminati...

Band Netral nyanyikan lagu "KPK" di dadaku
Para musisi beramai-ramai berikan dukungannya untuk kasus KPK yang sedang marak diberitakan.

Kasus penahanan dua pimpinan non aktif KPK, Bibit dan Chandra, menuai dukungan dari banyak kalangan. Termasuk dari kalangan para musisi yang membuat lagu berjudul "KPK Didadaku".

Lagu yang aslinya berjudul "Garuda Didadaku" ini, sebenarnya adalah sebuah soundtrack untuk film dengan judul yang sama, namun kemudian beberapa liriknya diubah menjadi "KPK Didadaku" dan dinyanyikan oleh band Netral.

Bagus, vokalis band Netral mengatakan, "Ini adalah salah satu bentuk support dari kita untuk KPK. Yang diubah hanya liriknya saja dan prosesnya pun berjalan cepat, "

Lagu dukungan untuk KPK ini, turut digubah dan dibantu oleh beberapa musisi andal seperti Fariz RM, Once "Dewa" dan Kholil dari "Efek Rumah Kaca".

Wednesday, 4 November 2009

sinetron indonesia bikin sakit jiwa

mau belajar tipu muslihat? mau tau cara merebut suami orang? mau tau trik merebut harta warisan yang bukan hak kita? tonton sinetron indonesia, tuntunan lengkap untuk jadi penjahat.

oh iya,...melanjutkan postingan gue semalem, ceritanya pulang kerja jam 7 malem, capek iseng gue nonton TV, pegang remote control, gue cari semua chanel jam segitu gak ada acara bagus, kalo gak sinetron, reality show dan berita2 tentang bibit-chandra yg belum kelar, bosen gue pindahin ke chanel lain, belom nemuin juga yang pas, akhirnya gue pasrah liat sinetron di salah satu stasiun TV (asli sebenernya benci banget yg namanya sinetron)

gak beberapa menit gue pantengin, yg jelas gak ngerti alur ceritanya...dikit-dikit kepala gue jadi migrain, aneh...kenapa sih orang indonesia bikin sinetron ancurrr banget....gilaaa....dalam dunia nyata belom gue temuin orang sejahat tokoh yg ada di senetron tersebut.

gue bandingin sama drama-drama korea yang sering gue tonton, beda jauh banget. kalo sinetron indonesia ceritanya gak lain rebut pacar atau suami orang, rebutan harta warisan dan lain-lain yang berbau kriminal, kalo gak nangis bombay, pasrah dijahatin sama orang.gak ada sedikitpun pesan moral yang didapet dari sinetron tersebut.

kenapa ya, gak bisa bikin tontonan yang lebih kreatif yang bagus buat anak-anak indonesia. selain itu reality show mulai menjamur, disetiap stasiun TV punya acara reality show yang hanya menjual kebohongan belaka.

yang seperti inikah....tontonan orang-orang indonesia??? yang jelas sinetron indonesia bikin jiwa jadi sakit.

prihatin mode on*

hujan....

entah kenapa...dari kecil aku suka hujan, iseng dari sekedar nontonin hujan sampe maenin air kalo pas lagi ujan. seperti sore ini, pas lagi siaran, dari lantai 3 studio, aku liat hujan ditambah langit yang sedikit gelap, mendung, namun indah, kerasa banget romantisnya.

berdiri sendiri di balkon liat orang-orang lewat dijalanan depan studio, sambil denger lagu yogyakarta nya Kla Project...ditemani segelas sereal hangat, mengingat-ingat kembali memory 7 tahun silam...ketika itu .. arghhhh..........terlalu indah untuk dilupakan.

Tuhan...saat-saat seperti ini, masih untuk berapa lagi aku menikmati, suasana tenang, sepi dan indah seperti ini. ditengah padatnya kerjaan, dan kesibukan duniawi dan terkadang tak pernah punya waktu untuk menghibur diri sendiri,

diluar masih hujan,,,,aku ingin berlari keluar membiarkan butiran-butiran air yang tak pernah bisa terhitung jumlahnya membasahi ubun-ubun ku, berteriak sekuat-kuatnya, aku tak pernah menyalahkan hujan, hujan adalah anugerah, karena hujan membawa ketenangan. itu menurutku....

Tuesday, 3 November 2009

jogja, aku ingin kembali...

ada yang request minta di puterin yogyakarta nya Kla Project....dalem banget, tiba-tiba aja kangen jogja dan pengen kembali kesana. inget malem-malem duduk di balkon kostan adek sambil liat bintang dan langit jogja di malam hari. wuihhh kok pengen nangis yah jadinya postingin ini sambil siaran muterin yogyakarta nya kla project.

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja
Di persimpangan langkahku terhenti
Ramai kaki lima
Menjajakan sajian khas berselera
Orang duduk bersila
Musisi jalanan mulai beraksi
Seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri
Ditelan deru kotamu ...
Walau kini kau t'lah tiada tak kembali
Namun kotamu hadirkan senyummu abadi
Ijinkanlah aku untuk s'lalu pulang lagi
Bila hati mulai sepi tanpa terobati


jogjakarta punya magnet tersendiri yang bisa bikin gue pengen balik lagi kesana, lingkungannya, orang2nya, makanannya, marlioboro, alun2, dan suasana malam di jogja yang bikin gue kangen...kangen...dan kengen pengen ke jogja lagi.

inget naek andong malem-malem sambil beli salak dan jeruk bali di seputaran jalan tamansiswa, makan gudeg, jalan-jalan ke marlioboro malem hari sambil beli batik, beli-beli aksesoris, ke BARKAS toko yang khusus jualan barang-barang bekas berkualitas. jalan-jalan muterin kota jogja dari alun-alun utara, lewat terminal jombor sampai liat2 kampus UGM.

ada lagi yang gak bisa dilupain di jogja, jalan-jalan ke pasar beringharjo, pengalaman yang gak bisa dilupain, masuk kawasan pasar beringharjo sambil nyium bau2 jamu yang gak gue temuin di pasar2 lain. liat mbah-mbah kakung dan eyang2 yang tua2 asyik jualan menjajakan dagangannya (asli kalo ditempat gue eyang2 kayak gini, udah istirahat dirumah, gak ada lagi yang masih turun kepasar buat cari rejeki) makanya jadi terharu plus salut banget sama perjuangan hidup mereka,

sempet juga liat borobudur, liat candi mendut yang hanya diketahui pas belajar sejarah waktu SD. seneng banget bisa liat salah satu dari 7 keajaiban dunia. liat pemandangan dari atas borobudur subhanaullah luar biasa sekali keindahannya.

wahhh,,,masih banyak banget sebenernya yang mau dikunjungin di Jogja, semoga aja dalam waktu dekat gue bisa ke sana lagi.,
inget dulu jamannya SMA niat banget pengen kuliah dan menetap di jogja, sayangnya harapan gue gak bisa terlaksana, dan sampai sekarang masih ada niat pengen menetap dan tinggal lama disana....yahhh...salah satunya mungkin menemukan belahan jiwa gue di sana. semogaa...

Menghadapi Putus Cinta

Hubungan asmara bisa dianggap sebagai salah satu hal paling indah di dunia, tapi juga bisa di anggap sebagai sumber tragedi terbesar. Kita semua tahu betapa menyakitkannya melalui fase merelakan hubungan asmara berlalu. Jika saat ini sedang mengalami situasi seperti itu,nah, walaupun sulit diterapkan, berikut ini ada beberapa trik bagaimana kita bisa membuat situasi itu mudah dihadapi.

Meskipun sulit untuk menerimanya, kita harus benar-benar seratus persen menerima kenyataan bahwa hubungan tersebut sudah berakhir. Jangan pernah mencoba untuk menyangkalnya dengan memberikan harapan padasuper berantakan, mood lagi baik, diri sendiri adanya rujuk kembali. Sekali kita sudah mengakui situasi tersebut dalam diri kita bahwa tidak ada lagi kembali ke masa lalu, maka akan jauh lebih mudah untuk memulai proses penyembuhan.

Ubah persepsi kita ke hal yang positif. Lihat proses merelakan hubungan berakhir sebagai peluang untuk mencari yang baru dan memulai lagi dari awal. Buat beberapa tujuan jangka pendek untuk diri kita sendiri atau mengikuti kelas yang akan mengajari kita keahlian baru.

Masukan kembali diri kita ke dalam lingkaran sosial. Tidak apa hidup dalam tempurung untuk sementara waktu setelah putus hubungan, tapi ketika tangisan penderitaan itu berhenti, maka sudah saatnya kita kembali ke luar dan melakukan hal yang biasa kita suka lakukan.

Meskipun merelakan suatu hubungan berakhir merupakan salah satu penderitaan yang sulit dihadapi, kita harus melihatnya sebagai sesuatu yang membuat kita lebih kuat.

Monday, 2 November 2009

Kenali Makhluk Bernama Perempuan

Dia yang diambil dari tulang rusuk. Jika Tuhan mempersatukan dua orang yang berlawanan sifatnya, maka itu akan menjadi saling melengkapi.

Dialah penolongmu yang sepadan, bukan sparing partner yang sepadan.
Ketika pertandingan dimulai, dia tidak berhadapan denganmu untuk melawanmu Tetapi dia akan berada bersamamu untuk berjaga-jaga di belakang saat engkau berada di depan atau segera mengembalikan bola ketika bola itu terlewat olehmu. Dialah yang akan menutupi kekuranganmu.

Dia ada untuk melengkapi yang tak ada dalam laki-laki : perasaan, emosi, kelemahlembutan, keluwesan, keindahan, kecantikan, rahim untuk melahirkan, mengurusi hal-hal sepele...hingga ketika laki-laki tidak mengerti hal-hal itu. Dialah yang akan menyelesaikan bagiannya...sehingga tanpa kau sadari ketika kau menjalankan sisa hidupmu... kau menjadi lebih kuat karena kehadirannya di sisimu.

Jika ada makhluk yang sangat bertolak belakang, kontras dengan lelaki, itulah perempuan. Jika ada makhluk yang sanggup menaklukkan hati hanya dengan sebuah senyuman, itulah perempuan.

Ia tidak butuh argumentasi hebat dari seorang laki-laki... tetapi ia butuh jaminan rasa aman darinya karena ia ada untuk dilindungi.... tidak hanya secara fisik tetapi juga emosi.

Ia tidak tertarik kepada fakta-fakta yang akuratBahasa yang teliti dan logis yang bisa disampaikan secara detail dari seorang laki-lakiTetapi yang ia butuhkan adalah perhatiannya... Kata-kata yang lembut... Ungkapan-ungkapan sayang yang sepele... Namun baginya sangat berarti... membuatnya aman di dekatmu....

Batu yang keras dapat terkikis habis oleh air yang luwes. Sifat laki-laki yang keras ternetralisir oleh kelembutan perempuan. Rumput yang lembut tidak mudah tumbang oleh badai Dibandingkan dengan pohon yang besar dan rindang... Seperti juga di dalam kelembutannya di situlah terletak kekuatan dan ketahanan yang membuatnya bisa bertahan dalam situasi apapun.

Sunday, 1 November 2009

ketika pacar bertingkah layaknya balita.....

kamu kesel kenapa doi mendadak jadi kayak bayi ketika sakit? Atau doi ngelupain kamu ketika main game bersama keponakan? Tampaknya kamu nggak sendiri. Coba tanyain sama temen-temen cewek kamu yang lain. Apakah mereka mengalami hal yang sama dengan pasangannya? Karena pada dasarnya, berapa pun usianya, cowok gak bisa sepenuhnya melepaskan sisi kanak-kanak dalam dirinya. Namun, kita sebenarnya gak bisa nyalahin mereka gitu aja.

cowok sering bersikap kekanak-kanakan, salah satu penyebabnya adalah karena sikap yang ditunjukkan perempuan2 yang ada di sekitarnya, termasuk kamu sendiri! Secara natural, cewek dianugerahi sifat-sifat yang khas, seperti senang memelihara, merawat, dan memerhatikan orang-orang yang dicintainya. Makanya, bila kamu senang bersikap sebagai seorang ibu terhadap pacar, jangan heran bila ia pada akhirnya menyesuaikan diri dengan mengambil peran sebagai "anak" kamu. (huaahahahahhah...)

Namun, kamu tidak perlu mengubah sikap menjadi kayak seorang sipir apabila ingin pacar bersikap lebih dewasa. Menurut salah seorang pakar....(gak tau namanya...) "seorang cowok tidak sembarangan menunjukkan kemanjaan dan sikap lemah di depan semua orang. Ia hanya mau menampilkannya di depan orang-orang yang dekat dengan dirinya dan membuatnya merasa nyaman".

Di bawah ini beberapa sikap kekanak-kanakan cowok yang sering ditunjukkan:

Manja ketika sakit

Body boleh six packs. Tetapi ketika mulai bersih-bersin, Si cowok mendadak berubah menjadi "agar-agar" yang loyo dan tak mau beranjak dari tempat tidur. Deja vu? Bukan hanya kamu, ada banyak cewek2 yang mengeluh pasangannya berubah menjadi "anak mami" ketika sakit. Dibandingkan cowok, cewek memang lebih banyak mengalami trauma fisik dalam hidupnya. Ingat nyeri PMS? Makanya, masuk akal juga kalau ada yang bilang bahwa cewek lebih tahan banting ketimbang cowok.(sorry!yang ngerasa cowok dilarang protesss.........)

Koleksi action figure

Bukan hanya cewek yang doyan main boneka. cowok juga banyak yang senang mengoleksi boneka action figure. Biasanya berbentuk tokoh jagoan dari komik Marvell yang jauh lebih macho ketimbang Barbie milik kamu. Tetapi ketika kebanyakan cewek berhenti bermain Barbie ketika beranjak remaja, justru banyak cowok yang masih meneruskan hobinya itu hingga usia dewasa, bahkan setelah mereka menikah dan beranak-pinak. Oh, boy!

Boys club

kamu ngerasa punya pacar yang tingkahnya kekanak-kanakan? Itu belum apa-apa dibandingkan ketika ia kumpul bersama konco-konconya. Ketika sedang hangout bareng, bisa dijamin kelakuannya pasti akan bertambah minus di matamu. contohnya, menggoda perempuan seksi yang lewat di depan matanya, asyik nge-dance dengan gaya '80-an yang yahud, atau melontarkan lelucon jorok yang tak akan pernah diucapkannya di depanmu.

Posesif pada otomotif

Meski bukan montir dan tak pernah ikut kursus otomotif, banyak cowok yang amat posesif pada kendaraan miliknya sampe gak ngijinin orang lain mengutak-atiknya. Bahkan terkadang melebihi sikap posesifnya terhadap pacar. Jadi ingat kan kelakuan keponakanmu saat bermain dengan mobil mainannya? Ia tak membiarkan orang lain, meski itu temannya, menyentuh mainannya.

Mau menang sendiri

Ketika kamu sibuk, doi cemberut minta diperhatiin. Sewaktu kamu sedang asyik hangout dengan temen2mu, ia juga protes minta kamu segera menemuinya. Tetapi sebaliknya, di saat dia sedang asyik dengan kegiatannya sendiri, boro-boro memberi perhatian, menelepon untuk sekadar menanyakan kabar saja tidak dilakukannya. Egois? Cemburuan? Mau menang sendiri? Siapa lagi yang punya sifat seperti itu kalau bukan keponakanmu yang masih balita?


nah, pacar kamu seperti ini nggak???? sebenernya bisa dimaklumin, itu juga satu pertanda doi minta perhatian lebih sama kita, asalkan seimbang aja, ketika kita butuh perhatian, doi juga bisa perhatiin kita seperti apa yang kita lakuin ke dia.

so, buat yang ngerasa cowok, jangan tersungging, postingan ini cuma mengorek sedikit tentang sisi lain seorang cowok, bukannya sok tau sich.....heheheh.

Friday, 30 October 2009

Trik Berkelit dari Pria Parasit

Dia mungkin pria tertampan dan simpatik yang pernah Anda temui. Makanya, Anda mungkin tidak ragu untuk menerima ajakannya kencan. Tidak ada yang salah pada dirinya. Dia rajin menelepon, memanjakan, dan mentraktir Anda. Tetapi, itu dulu. Beberapa bulan lalu, saat dia sedang gencar-gencarnya melakukan pendekatan. Setelah masa "bulan madu" berakhir, inilah yang terjadi.

Minta ditelepon
"Huny, tlp donk." Bunyi pesan singkat darinya, setelah beberapa kali miss called. Awalnya mungkin senang-senang saja. Toh dia kekasih Anda, wajar kan jika dia minta ditelepon. Makanya, ketika dia minta dihubungi, Anda akan sigap menelepon balik dan mengobrol panjang lebar. Begitu seterusnya. Sampai di akhir bulan, Anda baru merasa sesak nafas, karena tagihan telepon membengkak hingga tiga kali lipat.

Cinta sih cinta, tapi kalau cinta Anda harus mengeluarkan uang Rp 1,5 juta untuk ngobrol yang enggak penting, itu berlebihan. Anda mungkin pernah bertanya soal kebiasaannya ingin ditelepon ini. Dan jawabannya? "Pulsa saya habis, sayang. Masa sih soal pulsa saja kamu hitung-hitungan? Berapa sih yang terpakai, saya ganti deh pulsa kamu, jangan khawatir." Jawaban ini yang selalu jadi andalannya.

Bayarin dulu dong
Seperti layaknya pasangan lain, kencan sudah menjadi agenda wajib. Biasanya dialah yang memberi referensi soal tempat. "Sayang, resto ini makanannya enak lho, tempatnya juga asyik, kita ke sana, ya." Awalnya Anda mungkin oke-oke saja. Tetapi kemudian menjadi tidak oke, lantaran setiap kali Andalah yang kebagian peran menyelesaikan bill. Ya, semuanya, biaya makan, tip pelayan, sampai biaya parkir. Yang menjengkelkan dia selalu punya seribu alasan untuk menghindar dari kewajiban.

Di bulan-bulan awal jadian, dia selalu mengatakan tidak membawa uang, belum ke ATM, dan dompetnya ketinggalan. Atau dia akan bilang, "Pakai uang kamu dulu ya, nanti aku ganti." Berikutnya, dia akan bilang, "Hari ini kamu yang traktir, kan?" Gampang ditebak, ini semua cuma lip service belaka, karena dia tidak pernah mengganti dan mentraktir Anda di lain harinya. Nah, ketika hubungan makin dekat, kadar kesopanannya jauh berkurang. Tanpa tedeng aling-aling dia akan langsung menyodorkan bill makannya pada Anda.

Kalau terlanjur sayang
Bila Anda terlanjur terjerat cinta pada pria yang berbakat parasit, tidak ada jalan selain merevisi hubungan Anda. Komunikasikan persoalan ini pada pasangan, kalau perlu memberi pelajaran, biar dia tahu Anda tidak mudah dipermainkan. Anda bisa coba trik pura-pura ketinggalan dompet ketika jalan dengannya. Atau mengeluarkan uang sesuai keperluan Anda. Lakukan berulang kali agar dia merasa tidak enak hati.

Bila tidak bisa dikomunikasikan, maka langkah selanjutnya adalah negosiasi. Misalnya, Anda yang biasanya bermurah hati, kali ini cobalah bersikap pelit. Yang biasanya gemar mentraktir, cobalah mulai hitung-hitungan. Stop dulu deh kebiasaan memberi hadiah atau memberi tumpangan. Cara seperti ini efektif untuk mengukur kesungguhan cinta si dia. Dari sini bisa ketahuan apakah dia beneran cinta atau pura-pura cinta.

Jika dia masih belum juga tobat, dan tetap bersikap seperti parasit, Anda mesti bersikap tegas. Akhiri saja tali cintanya sebelum terlibat terlalu jauh. Pria seperti itu tidak layak untuk Anda. Seperti kata Gita Gutawa, pria seperti ini seharusnya dibuang ke ujung dunia, dehidrasi di Gurun Sahara, dan hilang di Segitiga Bermuda. Dan jangan kembali.

Thursday, 29 October 2009

Betulkah Mengisi TTS Bisa Mencegah Demensia?

Demensia adalah penurunan kemampuan mental yang biasanya berkembang secara perlahan, dimana terjadi gangguan ingatan, pikiran, penilaian dan kemampuan untuk memusatkan perhatian, dan bisa terjadi kemunduran kepribadian. Namun, seperti dikutip www.medicastore.com, demensia yang biasa menyerang usia di atas 60 tahun bukan merupakan bagian dari proses penuaan yang normal. Karena penurunan kemampuan mental ini bisa bertambah parah, banyak kaum lanjut usia berusaha mencegahnya sejak awal, antara lain dengan rajin mengisi teka-teki silang.

Benarkah teka-teki silang mampu mencegah demensia?

Saat usia bertambah, kondisi tubuh kita memburuk dan kesempatan kita untuk mengembangkan demensia meningkat. Otak, pilihannya adalah "menggunakannya" atau "menghilangkannya", demikian pendapat Henry Brodaty, profesor psychogeriatrics di University of New South Wales. Semakin banyak kita menggunakan otak -dengan melakukan aktivitas seperti mengisi teka-teki silang, sudoku, bermain bridge, scrabble, atau mempelajari bahasa baru- semakin kuat kemungkinan koneksi saraf dalam otak.

Hasil studi mendapati bahwa orang-orang yang aktif secara mental (sekali lagi aktif, dan bukannya secara pasif menonton TV) kecil kemungkinannya mengalami demensia dalam tahun-tahun akhir hidupnya. Meskipun begitu, para peneliti tidak mengetahui apakah latihan otak lah yang melindungi orang dari demensia, ataukah mereka yang menghindari aktivitas ini sebenarnya memang sudah berada pada tahap awal demensia.

Apa pun hasil penelitian tersebut, Profesor Brodaty dan lembaga Alzheimer's Australia menyarankan kita untuk sering mengisi teka-teki silang, bermain kartu, atau latihan otak lain jika kita ingin kesehatan mental kita tetap tajam. Ingat, penyakit demensia dan Alzheimer bukan sekadar membuat orang menurun daya ingatnya, tetapi juga menurunkan kemampuan mentalnya.

Sang Mantan

jadi penyiar radio, seringkali bikin gue terhanyut, terbawa perasaan gara-gara muterin lagu yang hampir mirip kejadiannya dengan apa yang gue alamin, (lebay ahhh.....) beneran dech, kalo udah kayak gini, mood jadi berantakan, kayak pagi ini aja, muterin lagu nidji sang mantan, jadi agak-nyut-nyutan jantung gue. saat reff nya yg seperti ini:

Mana janji manismu
Mencintaiku sampai mati
Kini engkau pun pergi
Saat ku terpuruk sendiri
Akulah sang mantan
Akulah sang mantan


kemaren gara-gara lagunya sheila on7, trus kemaren nya lagi gara2 dengerin lagunya dewa 19, adoohhh...banyak banget hal2 yang membuat gue jadi kembali mengingat-ingat orang itu.

kalo udah kena virus seperti ini, (gue nyebutinnya virus lebay), kerjaan gue jadi keganggu kena imbasnya, dari yang pagi tadi berangkat kerja dengan semangat 45, jadi drop tiba-tiba siaran jadi ngaco, ngomong kebolak balik, tiba-tiba laper, dag-dig-dug, beser sebentar2 masuk toilet, aneh...complicated banget.

kenapa? sudah setahun loh?? kenapa masih inget mr.X, penyebabnya ini nih, gara-gara sehari yang lalu gue ketemu doi di kantor Pos, makanya seketika aja, berkelabat di pikiran gue segala hal yang menyangkut dia,

adooohhh...please dong tary, jangan lebay....tapi mo gimana lagi yah, emang dasarnya kayak gini, semua orang pasti dech pernah ngalamin, tinggal gimana menyikapinya aja....susah juga yah, dan gue termasuk salah satunya selalu dan selalu gak bisa nepatin janji sama diri sendiri, inget dulu pernah janji gak mau inget2 lagi masa lalu, tapi tetep aja, yang namanya kenangan gak bisa dilupain dari kehidupan kita, baik pahit ato pun manis....let it be hidup hanya untuk sebuah kenangan... yah, hidup adalah kenangan.

jadi inget kata-kata ekstrem yang pernah di bilang sahabat gue, Hidup itu asem manis. ada tangis, ada tawa, ada benci dan ada cinta. kamu bisa ngerasain tawa bahagia jika kamu pernah menangis sedih. hmm.. bayangin deh dan pake logika lo, apapun emosi yang bisa lo rasakan saat ini adalah pasti karena pernah terjadi kebalikannya. Maka syukurilah setiap detik hidup mu, entah itu kebahagiaan bahkan kesedihan.